10 Fakta Menarik Tentang Cheetah

10 Fakta Menarik Tentang Cheetah

10 Fakta Menarik Tentang Cheetah Cheetah (Acinonyx jubatus) adalah felid besar dari subfamili Felinae yang yang hidup terutama di Afrika timur dan selatan dan beberapa bagian dari Iran. Satu-satunya anggota yang masih ada dari genus Acinonyx, cheetah pertama kali dijelaskan oleh Johann Christian Daniel von Schreber di tahun 1775. Cheetah ini dikenal dengan tubuh langsing, dada dalam, bulu tutul, kepala bulat kecil, garis-garis hitam pada mata, kaki kurus panjang dan ekor panjang. Bertubuh ringan dan ramping sangat bertentangan dengan teori dalam membangun kucing yang kuat dan besar, sehingga lebih mirip dengan cougar. Tinggi cheetah dapat mencapai hampir 70 sampai 90 cm (28-35 in) pada bahu, dan berat 21-72 kg (46-159). Meskipun lebih tinggi dari macan tutul, tapi lebih pendek dari singa. Sekarang kita akan melihat beberapa fakta menarik tentang hewang tercepat di darat ini, cheetah.

  1. Hampir semua cheetah liar dapat ditemukan di sub-Sahara Afrika, di mana mereka berkeliaran di alam terbuka, dataran sabana berumput dan hutan terbuka. Sebuah populasi kecil hidup di timur laut Iran.
  2. Panjang kucing besar ini antara 1.1m sampai 1.4m meter, ditambah ekor berukuran 65cm sampai 80cm. Berat mereka berkisar dari 34kg sampai 54kg, jantan sedikit lebih berat.
  3. Cheetah memiliki bulu berwarna kuning pucat dengan titik-titik hitam di bagian atas, dan putih di peru. Wajah mereka sangat terkenal dengan garis hitam dari sudut dalam setiap mata ke sudut luar mulut.
  4. Betina biasanya melahirkan antara 2-8 ekor anak pada suatu waktu. Betina merawat anak-anak mereka di sebuah sarang yang tersembunyi oleh vegetasi tinggi, sampai mereka berusia 16 sampai 24 bulan dan mampu menjaga diri mereka sendiri.
  5. Hewan darat tercepat di duniah. Cheetah dapat berlari hingga kecepatan 112km / jam hanya dalam tiga detik, itu lebih cepat dari mobil sport! Tubuhnya telah dirancang untuk kecepatan, dengan kaki panjang, tulang belakang memanjang, disesuaikan dengan cakar untuk mencengkram tanah dan ekor panjang untuk menjaga keseimbangan.
  6. Cheetah adalah karnivora dan hidup dari hewan lain yang mereka temukan di dataran Afrika, termasuk kelinci, warthogs, Springbok, rusa dan burung.
  7. Kucing ini berburu di siang hari untuk menghindari persaingan dari predator kuat lain seperti singa, hyena, dan macan tutul. Pertama, mereka menggunakan penglihatan mereka yang luar biasa mereka untuk memindai lingkungan mereka sebelum diam-diam mengintai mangsanya yang mereka pilih. Kemudian, ketika waktunya tepat, mereka berlari dan menjatuhkan korban mereka dan membunuhnya dengan menggigit tenggorokan.
  8. Karena mereka berlari pada kecepatan yang luar biasa dan menggunakan banyak energi, berlari cheetah biasanya terbatas pada jarak 200-300 m, dan berlangsung kurang dari satu menit.
  9. Hewan Sosial, cheetah biasanya ditemukan dalam sebuah kelompok, yang terdiri dari baik betina dan anak-anaknya, saudara (yang tinggal bersama selama sekitar enam bulan setelah meninggalkan ibu), atau gabungan jantan yang hidup dan berburu bersama-sama. Betina dewasa biasanya cenderung soliter dan hanya bertemu dengan jantan untuk kawin.
  10. Sayangnya, hewan yang indah ini terancam oleh hilangnya habitat dan mangsa, serta konflik dengan manusia. Akibatnya, cheetah diklasifikasikan sebagai hewan yang ‘Rentan’ dalam daftar IUCN, dan hari ini, diperkirakan ada sekitar 9,000-12,000 Cheetah yang hidup di alam liar Afrika.

Baca Juga : 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *