15 Fakta Unik Tentang Monyet

15 Fakta Unik Tentang Monyet

15 Fakta Unik Tentang Monyet Monyet termasuk hewan sosial yang cerdas. Mereka dikenal karena kemampuannya berlari dan melompat melalui pepohonan dengan mudah. Seperti kera, monyet termasuk dalam kelompok mamalia yang disebut primata. Monyet terlihat mirip kera (simpanse, orangutan, dan gorila), tapi monyet memiliki beberapa perbedaan dengan kera. Misalnya, setiap monyet memiliki ekor, sedangkan kera tidak memiliki ekor. Monyet juga umumnya memiliki dada yang lebih sempit daripada kera.

Berikut fakta-fakta unik mengenai monyet.

  1. Monyet bisa mengerti bilangan tertulis dan bahkan bisa menghitung. Mereka juga dapat memahami bagian dasar aritmatika dan bahkan, dalam kasus yang jarang terjadi, perkalian.
  2. Untuk menarik pasangan betina, monyet capuchin jantan akan kencing di tangan mereka dan kemudian menggosoknya sampai ke bulunya.
  3. Otak monyet mentah ataupun yang sudah dimasak banyak dikonsumsi di China dan Malaysia.
  4. Para ilmuwan mengamati monyet betina bisa mengajari anak-anak mereka cara membersihkan gigi mereka dengan benang (flossing).
  5. Monyet terkecil di dunia adalah pygmy marmoset, dengan tubuh berukuran 5 inci (12 cm) dan panjang ekor sekitar 7 inci (17 cm). Sebagai perbandingan, ukurannya kira-kira sebesar hamster, bisa muat di telapak tangan manusia, dan beratnya sama dengan satu pak kartu.
  6. Monyet yang baru ditemukan adalah monyet lesula. Spesies ini ditemukan pada tahun 2007 di Republik Demokratik Kongo di Afrika.
  7. Monyet yang hidup di Amerika Tengah dan Selatan disebut “monyet dunia baru.” Sedangkan monyet yang hidup di Afrika dan Asia disebut “monyet dunia lama.”
  8. Monyet tercepat di bumi adalah monyet patas yang bisa berlari dengan kecepatan 55 km/jam.
  9. Monyet terbesar di dunia adalah jenis mandrill jantan yang beratnya bisa mencapai 35 kg dengan panjang tubuh 1 meter.
  10. Monyet bisa ditemukan di seluruh dunia kecuali di Australia dan Antartika.
  11. Monyet punya umur yang relatif panjang. Di alam liar mereka bisa hidup antara 10 sampai 50 tahun.
  12. Mengambili parasit dan kotoran dari bulu monyet lain adalah cara bagi monyet untuk berkomunikasi, membentuk hierarki sosial, dan memperkuat ikatan keluarga dan persahabatan.
  13. Karena hilangnya pepohonan di habitat lokal, di alam liar hanya tersisa sekitar 1.500 monyet tamarin singa emas.
  14. Monyet gelada Ethiopia membentuk kawanan terbesar di dunia, di mana satu kawanan bisa berisi 350 sampai 650 ekor monyet.
  15. Monyet bersin Burma adalah spesies yang baru saja ditemukan. Monyet ini sangat unik karena akan bersin setiap kali hujan turun.

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *