5 Fakta Kadal Paling Unik di Dunia

5 Fakta Kadal Paling Unik di Dunia
5 Fakta Kadal Paling Unik di Dunia

5 Fakta Kadal Paling Unik di Dunia– Kadal adalah reptil unik dengan kemampuan adaptasi yang luar biasa. Iya banyak ditemukan terutama di daerah yang cuaca panas. Selain memiliki spesies beragam, kadal juga memiliki mekanisme adaptasi dan pertahanan diri yang unik sekaligus mengagumkan. Berikut ini adalah 5 Fakta Kadal Paling Unik di Dunia :

1. Hydrosausus Pustulatus

Hydrosausus Pustulatus
Hydrosausus Pustulatus

Kadal asli Filipina ini adalah omnivora amfibi pemakan buah-buahan kacang-kacangan dan memangsa serangga kecil di dekat sungai tropis. Jari-jari kundalini rata sehingga memungkinkan spesies kecil ini melarikan diri dengan cepat ketika menghadapi predator. Selain itu jari-jari yang merata itu juga menjadikan mereka mampu berjalan di atas air.

2. Phrynocephalus

Phrynocephalus
Phrynocephalus

Kadal kecil ini tinggal di daerah gurun. Mereka biasa berkomunikasi dengan sesamanya dengan cara menaik turunkan ekornya. Ketika menghadapi ancaman Predator, kadal ini akan mempertahankan diri dengan cara bergetar dengan hebat dan getaran itu menjadikan tubuh mereka terbenam hingga terkubur ke dalam pasir. Kadal ini memiliki tampilan yang terlihat sangar namun mulutnya berwarna-warni.

3. Phrynomosa

Phrynomosa
Phrynomosa

Kadal ini dijuluki katak bertanduk karena tubuhnya gemuk serta memiliki sepasang tanduk tebal dan berduri. Mendiami lahan kering dan lingkungan berpasir kadal ini biasa menjadikan semut sebagai makanannya. Yang aneh dari kadal ini adalah mekanisme pertahanan diri nya. Ketika menghadapi ancaman kadal ini akan mengalirkan tekanan darah tubuhnya ke bagian mata sehingga pembuluh kecil di sekitar mata akan pecah yang lalu menyemprotkan cairan darah kepada si penyerang. Darah yang asam Itu diperkirakan diperoleh keadaan ini dari asam yang terdapat pada semut yang biasa dimakannya. Beberapa predator memilih pergi setelah melihat semprotan darah dari mata itu namun burung burung pemangsa tidak peduli dan tidak takut.

4. Brookesia Minima

Brookesia Minima
Brookesia Minima

Bunglon ini memiliki jari kaki yang unik karena menyatu seperti penjepit lobster. Ekor mereka dapat menegang bola mata mereka dapat bergerak secara berbeda satu sama lain dan mereka juga dapat mengubah warna tubuh sesuai kehendak hati. Untuk menangkap serangga yang dijadikan mangsanya bunglon ini akan menggunakan lidahnya yang dapat keluar dan bergerak dengan cepat seperti peluru. Salah satu spesies bunglon ini yaitu bunglon kurcaci daun dianggap sebagai reptil terkecil yang pernah ditemukan manusia.

5. Moloch Horridus

Moloch Horridus
Moloch Horridus

Kadal ini mirip dengan kadal berduri di atas yakni memiliki semut sebagai makanannya, Meski mereka tidak memiliki hubungan kekerabatan. Monoch horridus juga hidup dilingkungan padang pasir dan dapat berkamuflase di lingkungan semacam itu dengan baik. Tubuh kadal ini berduri dan hal itu dijadikannya sebagai mekanisme pertahanan dirinya. Duri mereka menjadi ikan predator yang memangsa akan sulit menelan nya.

Sumber: Ensiklopedia Dunia Fauna

Baca Juga :