5 Fakta Menarik tentang Iguana

5 Fakta Menarik tentang Iguana
5 Fakta Menarik tentang Iguana

5 Fakta Menarik tentang Iguana – Semakin banyak orang yang tertarik memelihara iguana dimana Iguana dipelihara karena keunikan dan keeksotisannya. Kecuali Anda sudah lama memelihara iguana, ada beberapa fakta menarik tentang iguana yang perlu diketahui.

Berikut adalah 5 fakta tentang iguana:

1. Iguana dapat dilatih

Tidak hanya anjing atau kucing, iguana juga dapat dilatih. Jadi mereka sebenarnya adalah hewan yang cerdas. Iguana bisa dilatih untuk menggunakan toilet atau membuang kotoran di tempat tertentu. Iguana juga bisa dilatih untuk melakukan berbagai trik. Jika hilang, iguana dapat menemukan jalan pulang.Namun tentu saja melatih iguana membutuhkan kesabaran, sama seperti saat melatih anjing atau kucing yang juga memerlukan kesabaran.

2. Iguana suka memanjat

Agar hidup iguana sejahtera, pemilik tidak hanya harus menyediakan makanan yang baik tetapi juga memberikan kandang yang menyerupai habitat aslinya. Di alam liar, iguana suka memanjat pepohonan. Jadi pastikan untuk menyediakan semacam cabang atau kayu untuk tempat iguana bertengger.

3. Iguana adalah hewan herbivora

Ini berarti iguana tidak makan daging melainkan tumbuhan. Namun, beberapa sumber menyebutkan bahwa iguana adalah omnivora.Ini berarti iguana tidak boleh diberi makan produk hewani karena sistem pencernaan mereka tidak dirancang untuk itu. Saat diberi produk hewani, protein yang terkandung didalamnya akan diubah menjadi asam urat. Ini dapat berbahaya buat iguana.Asam urat akan berubah menjadi gout yang pada akhirnya dapat menyebabkan komplikasi bahkan kegagalan ginjal.

Ini tentu saja akan memperpendek umur iguana. Jadi pastikan hanya memberi makan iguana berupa tumbuh-tumbuhan atau sayuran.

4. Iguana menyukai sinar matahari

Iguana membutuhkan paparan sinar matahari. Iguana membutuhkan sinar UVA dan UVB dari matahari agar penyerapan nutrisi dapat berlangsung dengan lancar. Sinar UVB digunakan untuk memicu reaksi kimia di kulit iguana untuk membuat vitamin D3. Vitamin ini berguna dalam pemrosesan kalsium dalam aliran darah

5. Iguana bisa tumbuh besar

Hanya karena saat membeli berukuran kecil, bukan berarti iguana tidak dapat tumbuh besar. Iguana dapat tumbuh hingga memiliki panjang 1 meter atau lebih.Jadi pertimbangkan pula mengenai hal ini untuk menentukan langkah antisipasi setelah iguana tumbuh besar.

 

Baca Juga :