Fakta Unik Mengenai Harimau

Fakta Unik dan Menarik dari Harimau
Fakta Unik dan Menarik dari Harimau

Harimau adalah predator berpupil bulat. Ini tidak sama dengan kebanyakan predator lain di bangsa kucing dengan pupil mata yang memanjang seperti garis. Ini adalah salah satu kunci kesuksesan Harimau, karena ia bukan predator noktural yang hanya bisa berburu pada malam hari.

Harimau juga dapat berburu pagi, siang, ataupun sore, kapan saja ‘beliau’ sedang mood. dengan kelebihan harimau  memuat hewan ini menjadi salah satu hewan yang ditakuti. Tetapi masih ada Fakta Unik Mengenai Harimau yang belum anda ketahui yaitu

1. Harimau memang bukan predator dari bangsa kucing yang memegang predikat pelari tercepat di daratan. Tapi kecepatan lari yang dapat ditempuh oleh Harimau bisa mencapai 60 kilometer per jam. Ini sudah dapat digolongkan sangat cepat bila dibandingkan dengan berat badannya yang hampi mencapai ratusan kilogram.

2. Harimau pada umumnya memiliki mata dengan warna kuning. Warna mata ini berbeda pada Harimau dengna bulu putih, karena warna mata Harimau ini diselaraskan oleh gen bulu putihnya. Sekali lagi, ini masalah gen, dan bukan berarti Harimau putih adalah Harimau jadi-jadian.

3. Bayi Harimau yang baru berumur 1 bulan sangat rentan akan serangan predator lain. Ini terutama karena bayi Harimau yang baru berumur 1 Minggu masih buta.

4. Mata Harimau tidak sebaik penglihatan kucing pada malam hari. Tapi penglihatan Harimau sudah 6 kali jauh lebih baik daripada penglihatan manusia.

5. Air adalah salah satu teman bermain yang disukai oleh Harimau ketika masih kecil dan beranjak dewasa. Ini membuat Harimau menjadi salah satu predator perenang yang mahir. Ini memang tidak membuat mereka menjadi predator amphibi, namun mereka mempunyai kekuatan yang cukup untuk berenang sejauh puluhan kilometer demi memburu mangsanya.

6. Harimau memiliki persepsi warna yang sama dengan mata manusia. Artinya, Harimau tidak buta warna dan dapat mengenali warna yang juga dikenali oleh mata manusia.

7. Kucing terkenal sebagai bangsa hewan yang dapat melompat tinggi dan jauh. Walaupun Harimau adalah biantang terberat dalam bangsa kucing, ini tidak membuat mereka kalah dalam soal lompatan. Harimau dewasa dapat melompat sejauh 6 meter, dan dapat meraih benda yang digantung setinggi 5 meter di atas permukaan tanah dengan lompatannya.

8. Auman Harimau bukanlah sesuatu yang dapat sering didengar. Karena Harimau hanya mengaum saat berkomunikasi dengan Harimau lainnya, baik itu dari dalam kelompoknya sendiri ataupun lawan-lawannya.

9. Harimau juga memiliki cara yang unik untuk menarik mangsanya mendekat. Menurut hasil penelitian Animal Planet, Harimau dapat menirukan suara panggilan beberapa mangsanya, agar mangsanya dapat terkecoh dan mendekat secara sukarela.

10. Harimau membunuh dengan cara menancapkan taringnya yang panjang dan besar ke leher mangsanya. Mereka akan terus mencekik mangsanya hingga mati kehabisan darah. Biasanya cekikan ini dilakukan hingga beberapa detik lamanya. Jika mangsanya dapat bertahan sedikit lebih lama, Harimau tetap membawa mangsanya kesana-kemari hingga akhirnya mati kehabisan darah.

11. Memori Harimau memang tidak sekuat memori Gajah. Tapi layaknya kebanyakan kucing-kucing lain, Harimau juga memiliki memori yang kuat. Memori jangka pendeknya jauh lebih kuat ketimbang memori jangka pendek yang dimiliki oleh manusia bahkan dengan IQ tertinggi sekalipun.

12. Harimau memang tidak secerdas simpanse, tapi Harimau adalah salah satu predator di dunia dengan otak berukuran paling besar. Berat otak Harimau dapat mencapai 320 gram, dan satu-satunya predator dengan otak lebih besar adalah beruang kutub. Ukuran otak Harimau ini sama dengan ukuran otak simpanse pada umumnya.

13. Harimau cukup cerdas untuk dapat mempelajari kekurangan dan kelebihan lawan-lawannya saat sedang dalam pertarungan. Pada umumnya, Harimau membunuh dengan cara mencekik lawannya dengan gigitan pada leher.  Tapi khususnya pada beberapa lawan, seperti buaya misalnya, Harimau dapat mengetahui bahwa metode membunuh yang sama tidak dapat berhasil karena buaya memiliki kulit leher yang keras.  Dalam pertarungan dengan buaya Harimau cukup pintar untuk membalikkan badan buaya dan menyerang bagian perutnya, yang mana adalah bagian terlunak dari tubuh buaya.

14. Harimau adalah predator yang memiliki senjata yang lengkap, baik itu untuk menyerang ataupun digunakan untuk pertahanan. Senjata ini termasuk cakarnya yang besar. Cakar Harimau dapat meremukkan tengkorak Gorilla hanya dalam sekali pukul saja.

15. Air liur Harimau bekerja seperti layaknya obat antiseptik pada manusia. Luka-luka pada Harimau dapat disterilkan hanya dengan menjilatnya saja.

16. Harimau dengan jenis kelamin jantan umumnya memiliki daerah kekuasaan yang lebih luas ketimbang Harimau berjenis kelamin betina. Tapi teritori-teritori ini memiliki batas yang tegas, dan tidak ada 2 Harimau yang menguasai satu teritori yang sama. Perebutan teritori antara 2 Harimau tentunya diselesaikan dengan pertarungan hidup mati

17. Harimau jantan yang memimpin sebuah kelompok Harimau sangat tegas dalam persoalan batas teritori kelompok mereka. Seekor Harimau menandai batas teritorinya dengan cara mencakar ataupun mengencingi batang pohon. Tanda cakar dan aroma kecing Harimau ini sudah cukup untuk menginformasikan batas teritori mereka dengan tegas kepada Harimau-Harimau jantan lain.

18. Aroma urin Harimau jantan yang dicium oleh Harimau lain tidak hanya menandakan batas teritori. Dengan bau urin tersebut Harimau lain dapat mendeteksi umur, jenis kelamin dan kondisi kesehatan reproduksi Harimau tersebut.

Baca Juga :