10 Tips Mencegah Penyakit Jantung

Semakin berkembang dan majunya suatu negara akan semakin banyak pola makan manusia yang tidak terkendali, cara hidup yang tidak terkendali sehingga banyak masyarakat yang terkena penyakit jantu di usia muda. Penyakit jantung dapat di hindari dengan kita mencegah penyakit jantung dari awal yaitu

  1. Jalan selama 30 menit setiap hari. Jalan selama 30 menit setiap hari, menurunkan resiko serangan jantng sebesar 30 persen. Hal ini merupakan dasar bagaimana anda menghadapi test ini. karena jika anda berhasil melewati tahap ini maka anda akan dapat melewati test atau tips selanjutnya.
  2. Kenali tekanan darah anda, dan lakukan apapun supaya keadaan tekanan darah anda mencapai angka 100/70 – 120/80. Tekanan darah anda lebih penting di bandingkan dengan kolesterol anda. Cara terbaik adalah olah raga secara teratur dan kurangin lemak yang ada di sekitar tubuh anda.  Dengan berkurangnya lemak pada tubuh anda maka lemak yang menutupi organ -organ penting dapat bekerja dengan maksimal dan tekanan darah yang di butuhkan pada tubuh anda akan menurun dratis sesuai dengan kebutuhan tubuh manusia.
  3. Makan 250 gram kacng-kacang setiap hari. Kacang-kacangan akan meningkatkan kadar kolesterol baik, HDL dan menurunka radang. Kacang juga membantu meningkatkan kesehatan pada jantung. Kacang memiliki kadar aam lemak omega 3 tinggi, memiliki protein dan serat tinggi.
  4. Memahami kadar HDL anda dan tingkatkan sampai di nilai 50. Bagi wanita nilai HDL tinggi jauh lbih baik di bandingkan dengan HDL rendah. Hal ini belum diketahui mengapa, tetapi yang jelas makin tinggi nilai HDL semakin bagus dan nilai 50 sudah  termasuk dengan bagus. Cara termudah meningkatkan HDL adalah dengan berolahraga, kurangin minuman keras, makan makanan dengan lemak sehat, misalnya pasta, saus biasa, sederhana dan sehat.
  5. Makan 10 sendok makan saus tomat dalam seminggu. Dikarenakan saus tomat mengandung kalium yang dapt menurunkan tekanan darah. gunakan saus biasa, sederhana, dan sehat.
  6. Secara teratur gunakan benang gigi atau rajin sikat gigi. Karena dengan menhindari penyakit mulut, mencegah radang arter, yang membantu anda mengurangi kemungkinan sakit jantung. Jarang ada orang yang mengetahui bahwa kesehatan mulut akan mempengaruhi semua kesehatan arteri anda dimana mempengaruhi keadaan aliran darah ke jantung dan organ seksual anda, bahkan mempengaruhi kerutan pada kulit.
  7. Jangan makan minyak jenuh lebih dari 20 gram setiap hari, dan gunakan minyak trans sedikit mungkin. Lemak Jenuh dan lemak trans akan menyebabkan radang arteri. Cinnamin Roll ( Roti kayu manis) memiliki 7 gram lemak jenuh. Minyak Trans ( misalnya dalam mentega atau margarin) sering ditemukan dalam makanan yang di proses atau dipanggang dalam oven.
  8. Baca label, dan segala taruh kembali makanan yang label dengan 5 bahan pertama menuliskan gula. Jangan sampai terkecoh dengan rendah lemak tetapi gula tidak di kontrol dikarenakan gula jug berbahaya bagi kesehatan.Gula yangyang di kosumsi terlalu banyak akibatnyadalah diabetes atau gula dapat berubah menjadi lemak dan menumpuk pada perut.
  9. Hindari minuman alkohol, anda dapat mengkonsumsi minuman alkohol sehari satu gelas atau hilangkan sama sekali minuman alkohol dan sering lakukan olah raga.
  10. Makan makanan yang sehat yaitu 9 porsi sayuran dan buah setiap hari. Buah dan sayuran penuh dengan serat. Tingkatkan  jumlah konsumsi makansan yangsehat sampai mencapai 9 porsi dalam waktu 2 – 6 minggu. Karena jika meningkat dratis tapi tidak dilakukan rutin sama saja tidak ada fungsinya dari makanan sehat tersebut .

Pola hidup dan pola makan yang sehat merupakan cara yang tepat untuk mencegah penyakit jantung dan di tambah dengan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *