14 Fakta Menarik Manfaat Ciuman Lidah Bagi Kesehatan

14 Fakta Menarik Manfaat Ciuman Lidah Bagi Kesehatan
14 Fakta Menarik Manfaat Ciuman Lidah Bagi Kesehatan

 

Manfaat ciuman lidah bagi kesehatan tubuh dan psikologis manusia ternyata cukup banyak. Ciuman merupakan salah satu cara seseorang untuk mengungkapkan perasaan mereka. Ada yang kemudian menganggapnya sebagai bentuk pelampiasan nafsu saja apalagi bagi pasangan yang belum menikah.

Banyak yang kemudian menganggap ciuman sebagai hal yang negatif. Namun budaya ciuman sendiri sudah menyebar melalui tontonan seperti film dan drama. Ciuman sebenarnya boleh-boleh saja dilakukan asalkan bersama dengan pasangan yang sah. Ciuman sendiri ternyata juga memiliki beberapa manfaat yaitu:

 

1. Ciuman dapat membersihkan bakteri di gigi

Saat berciuman maka air liur akan bertambah. Tambahan air liur tersebut dapat membersihkan bakteri yang ada di gigi, sehingga dapat mengatasi plak. Hal tersebut diungkapkan oleh seorang dokter gigi bernama Mathew Messina. Walaupun demikian sang dokter tidak akan menyarankan ciuman sebelum melakukan sikat gigi.

2. Ciuman sebagai meditasi

Seks dan cinta, termasuk ciuman bisa dijadikan kegiatan untuk menghindari stress. J tubuh. Ciuman juga sebagai meditasi sensual. Joy Davidson, seorang psikolog mengungkapkan bahwa ciuman dapat menghentikan keributan dalam pikiran seseorang. Ini akan menghasikan proses psikologis yang juga dihasilkan oleh meditasi. Ciuman juga merupakan pintu pembuka untuk pengalaman seksual yang lebih jauh.

3. Ciuman sebagai pengikat
Bagi laki-laki dan hewan, ciuman merupakan perilaku pengikat. Pijatan seseorang akan meningkatkan level oxytocin yang merupakan hormon penenang. Jadi ciuman juga memiliki sifat penenang. Jika kita tahu orang tersebut dengan baik maka ini akan menstimulasi diri kita. Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan pengerat mengungkapkan bahwa oxytocin membuat ibu hewan tersebut menjadi terikat dengan anak-anak atau kerurunannya.

4. Ciuman sebagai pertanda tahapan hubungan

Saat berciuman dengan orang maka cara berciumannya bisa berbeda-beda. Jenis ciuman yang dilakukan tersebut dapat menjadi pertanda hubungan keduanya saat itu. Menurut Fisher, ada tiga tahapan hubungan berbeda yang terjadi saat terjadi ciuman.

Tahapan tersebut antara lain:

  • Birahi atau nafsu: ciuman lidah yang terjadi bisa dikarenakan karena hawa nafsu saja. Ini bisa dilakukan oleh dua orang yang bisa saja tak saling mencintai, hanya ingin memuaskan nafsu saja.
  • Cinta romantis: ciuman karena cinta bisa terlihat dengan adanya euforia, pusing, dimabuk asmara dengan orang tersebut.
  • Pengikat: ciuman bisa dijadikan cara untuk mengikat dan menemukan pasangan jangka lama.

Setiap tahapan tersebut berhubungan dengan sistim kimiawi yang berbeda pada otak. Dopamine dan norepinephrine akan meningkat saat asmara dimulai. Oxyocin merupakan faktor pengikat yang akan memberikan rasa nyaman dan damai saat bersama orang tersbeut.

5. Menstimulasi otak

Manfaat ciuman lidah dapat menstimulasi otak dan saat kita mengalami ciuman yang positif maka akan meningkatkan kegembiraan, hasrat, atau perasaan tenang dan damai. Ciuman cenderung akan membuat seseorang menjadi merasa aman terutama dengan orang yang disayangi. Ini dapat meningkatkan sistem perlindungan dalam tubuh. Dapat dikatakan bahwa ciuman mungkin bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Saat bagian dalam diri kita merasa bahagia tentu saja tubuh akan meresponnya dengan baik sehingga kesehatan akan terjaga.

6. Mengurangi tekanan darah

Walaupun sebagian orang merasa tegang saat melakukan ciuman namun ciuman sebenarnya dapat membesarkan pembuluh darah. Aliran darah yang lancar akan membantu kita untuk menurunkan tekanan darah yang mungkin tinggi. Selain mengatasi masalah tekanan darah, membesarnya pembuluh darah dapat membantu meredakan rasa sakit misalnya sakit kepala atau saat menstruasi.

7. Meredakan kram dan sakit kepala

Pembuluh darah yang membesar juga akan membantuk kita untuk mengatasi rasa sakit. Jadi saat berciuman, kalau ada bagian tubuh yang merasa sakit maka biasanya akan berkurang rasa sakitnya. Begitu juga dengan sakit kepala yang mengganggu. Sakit kepala juga bisa mereda saat berciuman. Tak hanya sakit kepala, rasa sakit yang dirasakan wanita saat menstruasi juga dapat berkurang saat berciuman. Manfaat yang satu ini biasanya sering kita lihat di film-film, misalnya saat salah satu tokoh terluka lalu pasangannya menciumnya sehingga akan berkurang rasa sakitnya.

8. Mengeluarkan hormon senang

Berciuman akan mendorong otak untuk melepaskan hormon yang bisa membuat orang merasa senang seperti serotonin, dopamine, dan oxytocin. Ini tidak hanya penting untuk memunculkan perasaan senang tapi juga akan membantu memperkuat hubungan dengan pasangan. Kegiatan berciuman pada otak berhubungan dengan penghargaan dan kecanduan. Menurut peneliti ditemukan bahwa ciuman akan menstimulasi sistem otak yang berkaitan dengan hasrat seksual, romantisme, dan pengikat. Manusia akan berusaha untuk mencari pasangan potensial kemudian fokus pada satu pasangan. Bibir juga penuh dengan neuron sensor yang akan terstimulasi saat bersentuhan dengan bibir lainnya.

9. Membakar kalori

Manfaat ciuman lidah bagi kesehatan selanjutnya adalah membakar kalori. Ciuman tentu tidak akan menggantikan kegiatan olahraga, tapi tetap dapat membakar kalori setidaknya 8-16 kalori. Jadi kegiatan ciuman bisa menjadi tambahan cara untuk membakar lemak baik itu sesudah ataupun sebelum berolahraga bersama dengan pasangan masing-masing.

10. Mengecek keserasian dan perasaan sesungguhnya pada pasangan
Sebuah ciuman dapat menjadi pengukur yang cukup handal untuk mengetahui ketertarikan pada seseorang. Jadi ciuman pertama belum tentu berkesan karena bisa jadi pasangan ciuman tersebut bukanlah orang yang benar-benar disukai atau cocok dengannya. Wanita biasanya akan lebih nyaman berciuman dengan orang yang benar-benar sudah menjadi pasangan mereka sesungguhnya. Sehingga mereka melakukan ciuman salah satunya untuk menjaga dan memonitor hubungan mereka dengan pasangan mereka tersebut.

11.Menggerakan otot wajah

Sebuah ciuman yang penuh dengan hasrat akan menggerakkan 34 otot wajah dan lebih dari 112 otot pastural di sekujur rubuh. Ini akan membantu otot tubuh kita menjadi ketat dan sehat. Sebuah ciuman juga akan meningkatkan sirukulasi pada wajah serta akan memberikan kita tampilan yang lebih muda.

12. Mengatasi masalah alergi

Masalah alergi ternyata dapat dicegah dengan berciuman. Berciuman sendiri akan menurunkan antibodi IgE dalam darah yang bertanggung jawab untuk melepaskan histamine. Pelepasan histamin dalam peredaran darah akan menyebabkan gejala alergi seperti bersih dan mata berair. Ciuman akan mengurangi pelepasan histamin sehingga akan mencegah munculnya alergi.

13.Memperpanjang usia kehidupan

Manfaat memperpanjang usia memang tampaknya sedikit berlebihan. Namun ini merupakan hasil dari studi yang dilakukan. Studi tersebut menunjukkan bahwa laki-laki akan hidup lebih lama jika mereka menikah dan mencium pasangan mereka pada pagi hari. Masalah umur yang lebih panjang memang akan mendapatkan banyak perdebatan, namun ciuman memang akan lebih membuat orang merasa senang sehingga mungkin ini yang akan memotivasi seseorang untuk terus hidup dengan baik.

14.Menjaga metabolisme tubuh

Manfaat ciuman lidah bagi kesehatan dapat menjaga metabolisme tubuh. Saat berciuman kita akan merasa bahwa jantung berpacu cepat. Hal tersebut bukan hanya sebuah imajinasi karena memag berpacu lebih cepat. Detak jantung yang berpacu lebih cepat tersebut akan melepaskan adrenalin dan neurotransmitter lainnya dalam darah. Meningkatnya adrenalin akan meningkatkan kerja metabolisme tubuh dan membantu membakar kalori.

Ternyata ada banyak sekali manfaat dari ciuman dan manfaat tersebut akan lebih terasa positif saat dilakukan dengan pasangan yang sah. Walaupun demikian tak jarang kita melihat pasangan suami stri yang masih enggan untuk berciuman entah karena tidak terbiasa atau karena merasa sudah terlalu tua untuk melakukannya. Banyaknya manfaat ciuman tersebut bisa digunakan oleh pasangan suami istri untuk lebih sering berciuman. Ada juga yang mempertanyakan apakah berciuman adalah hal yang berbahaya karena bisa menularkan penyakit. Saat berciuman juga akan bertukar bakteri satu sama lain. Tentu saja ciuman sebaiknya dilakukan oleh dua orang yang sama-sama sehat, jika ada salah satu yang sakit maka sebaiknya tidak dilakukan.

Sumber: Kesehatan

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *