15 Cara Fitnes Untuk Pemula

15 Cara Fitnes Untuk Pemula
15 Cara Fitnes Untuk Pemula

Fitnes berfungsi untuk membantu dalam menjaga kesehatan dan membantu tubuh anda terlihat sempurna. 15 Cara Fitnes untuk pemula yang paling ampuh dan dijamin untuk mengubah penampilkan anda menjadi lebih baik dalam waktu singkat.

Olah raga yang baik dan teratur tidak membuat badan dalam satu malam langsung berubah namun dengan berlatih dengan baik otot-otot anda akan berkembang, anda juga perlu untuk belajar bersabar agar badan yang sehat dan kuat bisa di dapatkan sesuai dengan yang diharapkan.

Fakta menarik memberikan 15 cara fitnes untuk pemula agar tubuh menjadi sehat dan kuat :

1. Focus pada alat Fitnes ” Free Weight”
Untuk pemula, dumbbell dan barbel adalah dua alat terbaik. Kedua alat tersebut merupakan kategori free weight.

2. Lakukan Gerakan Dasar
Untuk pemula latihan berat tidak akan membantu dan dapat berefek buruk pada tubuh anda. Lakukan gerakan atau latihan dasar secara terus-menerus Rutinitas latihan dengan gerakan seperti jongkok (Squat), deadlift, dumbbell, dan barbell bench press.

3. Pilih Sebuah Program Latihan, dan Konsisten
Jangan biasakan latihan dilakukan secara acak dan tidak teratur. anda harus memiliki rutinitas, tanyakan ke pelatih anda di bidang fitnes tentang program latihan yang paling tepat dalam melakukan fitnes karena program latihan untuk setiap orangberbeda-beda antara satu dengan lain karena kondisi tubuh tergantungdengan kondisi tubuh dan tujuan yang ingin di capai.

4. Jangan Berlatih Setiap Hari
Jangan melakukan latihan yang terlalu sering tetapi buatlah jadwal latihan sesaui dengan fisik anda. Dalam seminggu, anda dapat berlatih 3 sampai 4 jam/ hari dan berlatih selama 3 hari sampai 4 hari. Waktu latihan dapat dilakukan secara selang seling sehingga anda dapat istirahat karena badan pun perlu untuk istirahat.

5. Latih Masing- masing Kelompok Otot Setiap Minggu
Untuk mendapatkan tubuh yang sempurna dalam waktu relatif singkat, berlatihlah secara rutin dan lakukan pengelompokan otot dan waktu yang tepat.

6. Pelajari Setiap Latihan dengan Benar
Lakukan latihan dengan benar dalam cara mengenggam dan perhatikan dengan baik dimulai dari barbel yang kecil lalu berlanjut ke barbel sedang dan seterusnya.Usahakan menambah beban setiap 2 minggu dan menaikkan beban bisa dilakukan juga untuk bagian badan lainnya

7. Tambahkan berat Secara Berlahan
Menaikkan beban secara berlahan akan membuat tubuh terlatih dan cepat berlatih serta beradaptasi seingga otot anda akan semakin berkembang dengan pesat.

8. Berhati-hati dengan Berlatih
Dalam berlatih usahakan anda dalam kondisi aman jangan sampai anda melakukan fitnes tidak berhati-hati sehingga anda terhindar dari cedera. Gunakan sabuk pengaman untuk melindungi bagian punggung bagian bawah agar tidak berefek pada punggung anda di kemudian hari.

9. Konsumsi Banyak Protein
Protein bermanfaat dalam pembentukan otot, tubuh memerlukan kalori yang cukup. Anda dapat menemukan protein pada ayam, ikan, telur, susu, kacang-kacangan, dan beberapa jenis sayuran. Usahakan anda mengkonsumsi 1 gram protein untuk setiap pound ( 1 pound = 0.45 kilogram) berat badan.

10. Pastikan Tubuh Anda Tidak Kekurangan Kalori
Tubuh manusia selain membutuhkan protein juga memerlukan kalori, berdasarkan seberapa aktifnya anda karena kalori setiap orang berbeda- beda. Misal jika anda melakukan aktifitas jalan lebih sedikit kalori dibanding aktifitas lari karena lari membutuhkan kalori yang lebih banyak.

11. Makan Lebih Banyak
Usahakan untuk makan  4 – 5 kali dalam sehari dan lakukan setia 3 – 4 jam untuk makan agar anda tidak kelaparan

12. Hindari Junk Food
tinggalkan junkfood, permen dan makanan berlemak seperti goreng-gorengan. Waktu yang tepat auntuk makan adalah sehabis latihan. jika anda sedang tidak latihan anda dapat tetap makan tetapi tetap teratur.

13. Konsumsi Banyak Buah dan Sayuran
selain macronutrient (karbohidrat, protein, dan lemak) tubuh anda juga membutuhkan micronutrient ( vitamin dan mineral ). Keduanya sangat penting bagi tubuh anda. Jadi anda mengkonsumsi buah dan sayuran setiap hari akan membantu perkembangan otot untuk lebih cepat dari anda yang bayangkan.

14. Istirahat Secara Cukup
Tubuh manusia setelah beratifitas setiap hari membutuhkan istirahat. Istirahat sama pentingnyadengan latihan. Anda tidak bisa memacu tubuh anda untuk berlatih terus menerus dan akibatnya kan sangat berbahaya bagi tubuh anda. Lama waktu tidur yang paling ideal adalah 8 – 9 jam.

15. Miliki Gaya Hidup Sehat

Anda dalam menjaga kesehatan sehat dan tubuh anda yang kuat, di wajibkan untuk bergaya sehat ala seperti atlet dimana pola makan, pola tidur dan yang terpenting menghindari rokok, alkohol dan asupan lainnya yang dapat merusak tubuh.

Demikian 15  cara fitnes untuk pemula yang baik dan mudah dilakukan oleh pemula. Dengan anda mengikuti 15 cara anda akan memperoleh tubuh yang sesuai dengan harapan anda.

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *