6 Fakta Menarik Manfaat Konsumsi Rutin Buah Nangka

6 Fakta Menarik Manfaat Konsumsi Rutin Buah Nangka
6 Fakta Menarik Manfaat Konsumsi Rutin Buah Nangka

6 Fakta Menarik Manfaat Konsumsi Rutin Buah Nangka – Tentu Anda sudah tahu buah nangka. Saat masih muda, nangka bisa diolah menjadi sayur. Ketika sudah tua, daging buah nangka akan berwarna kuning serta mengeluarkan semerbak harum. Soal rasa, sebagian besar orang sepakat mengatakan lezat. Selain rasa ternya buah nangkan memmiliki manfaat yang besar, di bawah ini 6 fakta menarik manfaat konsumsi rutin buah nangka:

 

1. Buah Nangka Bisa Turunkan Berat Badan

Ternyata buah yang tergolong tidak mahal dan mudah didapatkan ini ternyata bisa membantu mengikis jenis lemak jahat di tubuh yakni white body fat. Kandungan resveratrol dalam buah nangka mampu mengubah kelebihan white body fat menjadi lemak yang bisa dicerna tubuh. Hal ini terungkap lewat studi yang dilakukan peneliti dari Washington State University, Amerika Serikat terhadap tikus pada 2015 lalu.

Para peneliti dalam studi ini mengungkap, seperti dikutip Health Minggu (24/1/2016) mengonsumsi dua hingga tiga sajian buah yang mengandung resveratrol berperan mendukung kesehatan tubuh mereka. Selain nangka, buah yang mengandung resveratrol lainnya seperti anggur merah dan bluberi.

 

2. Kesehatan Jantung

Nangka mengandung kalsium yang dapat membantu memperkuat dan meningkatkan kesehatan tulang. Tambahkan seporsi buah nangka dalam diet sehari-hari jika kita menderita gangguan tulang seperti osteoporosis. Selain itu, kalium yang terkandung di dalamnya akan membantu mengurangi hilangnya kalsium melalui ginjal.

 

3. Imunitas

Nangka merupakan sumber dari vitamin C, yang memiliki manfaat sebagai antibakteri. Vitamin C juga diketahui dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, dan mampu meningkatkan fungsinya. Kita tahu bahwa sistem kekebalan tubuh yang baik, mampu melindungi diri kita dari berbagai penyakit dan infeksi.

 

4. Melindungi Diri dari Kanker

Selain vitamin C, buah nangka mengandung lignan, isoflavon, dan saponin yang mampu melawan kanker dalam tubuh. Nutrisi dalam nangka juga dapat memperlambat terjadinya radikal bebas, yang menyebabkan terjadinya kanker, dan dapat meningkatkan kehidupan sel-sel lain dalam tubuh.

 

5. Baik untuk Pencernaan

Nangka mengandung banyak serat, yang baik bagi diet sehari-hari kita. Sebab, serat tersebut mampu membuat pencernaan kita menjadi lebih baik. Karena manfaat itu, kita akan terhindar dari sembelit

 

6. Kulit Menjadi Sehat

Kulit kita terpapar sinar ulatraviolet (UV), polusi, dan asap setiap harinya. Akibatnya, akan memicu proses penuaan berjalan lebih cepat. Buah nangka yang kaya akan antioksidan, mampu membantu memperlambat aktivitas radikal bebas, yang menyebabkan penuaan.

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *