9 Manfaat Fitnes bagi Wanita untuk Kesehatan

9 Manfaat Fitnes bagi Wanita untuk Kesehatan
9 Manfaat Fitnes bagi Wanita untuk Kesehatan

Ada banyak manfaat fitness untuk kesehatan terutama bagi wanita,  Wanita tentunya selalu ingin tampil menawan, tidak hanya dari segi rupa, tapi juga dari segi bentuk tubuh. Diet adalah solusi yang bagus bagi yang merasa tubuh mereka sudah kegemukan, namun mengimbanginya dengan melakukan fitness tentu hasilnya akan lebih afdol.

Kesehatan merupakan anugerah yang diberikan Tuhan agar kitabisa selalu beratifitas dalam sehari-hari karena kesehatan tidak dapat di nilai oleh uang. Untuk menjaga kesehatandiperlukan yang namanyaolah raga dan, olah raga dapat dilakukan dengan cara fitness. Di Fitnes sebenarnya adalah jenis olahraga atau latihan fisik yang tidak hanya bisa dilakukan oleh para pria, karena pada dasarnya olahraga ini bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk oleh para wanita yang mempunyai masalah dengan tubuh gemuk mereka.

Fitnes punya segudang manfaat bagi para wanita gemuk yang ingin menjaga kesehatan sambil mencapai berat tubuh ideal dan membentuk lekukan tubuh mereka. Program fitnes bukan hanya dapat membuat tubuh dapat terbentuk menjadi kekar seperti yang banyak pria tunjukkan, tapi ada manfaat-manfaat lain yang perlu dicek di sini.

1. Memperkuat Fisik

Sekilas memang wanita bertubuh gemuk itu kelihatan kuat dan sangar, tapi benarkah mereka sekuat itu fisiknya? Fitnes adalah pilihan yang tepat bagi wanita gemuk yang bukan hanya ingin membentuk tubuh mereka menjadi lebih seksi, melainkan juga ingin membuat fisik lebih kuat. Program fitnes selalu berfokus pada penguatan dan pembentukan otot, jadi bertambahnya jumlah otot akan terjadi tergantung pada porsi latihan fisik yang dilakukan.

2. Membuat Risiko Penyakit Berkurang

Seperti yang kita tahu, wanita dengan berat badan berlebih akan lebih rentan terserang penyakit serius dan ancaman penyakit tersebut bisa apa saja. Manfaat fitnes bagi wanita gemuk sangat dianjurkan untuk mengurangi risiko penyakit-penyakit mematikan, seperti halnya sakit jantung. Mungkin ada beberapa wanita yang tidak berani mencoba fitnes karena khawatir soal konsekuensi serta risiko yang terjadi selama program ini dilakukan, tapi sebenarnya mencoba fitnes yang simpel pun bisa menghindarkan kita dari serangan penyakit.

Baik diabetes maupun jantung akan jauh-jauh dari kita asalkan mengikuti program ini secara rutin. Ada efek yang dapat dirasakan oleh peserta program fitnes, seperti peredaran yang mulai lancar dan fungsi jantung pun akan menjadi lebih maksimal. Dengan fitnes jugalah kita dapat menyeimbangkan kadar gula darah sehingga diabetes bukan lagi menjadi penyakit yang seharusnya kita takutkan.

3. Melatih Pernapasan

Kebanyakan orang yang gemuk memiliki masalah dengan napas yang pendek. Ini menyebabkan mereka kerap menjadi lebih mudah capek dan terengah-engah meski hanya berjalan dari arah yang tidak begitu jauh. Melakukan fitnes secara benar apalagi rutin akan membantu pernapasan lebih lancar. Untuk melatih hal ini, peserta fitnes diharapkan untuk mencari instruktur profesional demi hasil yang benar dan memuaskan.

4. Membuat Tubuh Lebih Cantik dan Terbentuk Indah

Kalau selama ini kita melihat banyak pria yang bisa membentuk badan dan otot sampai tampak kekar, berarti wanita gemuk pun bisa membentuk fisik dengan melakukan fitnes. Tidak perlu sampai harus membuat tubuh kita bak atlet-atlet binaraga. Karena fitnes menawarkan beragam tipe, tidak semua tipe program fitnes bertujuan untuk membuat fisik terbentuk kekar.

Untuk wanita gemuk yang mendambakan tubuh indah, maka dengan program fitnes yang tepat akan mampu membuat pinggul lebih cantik. Wanita dengan berat badannya lebih biasanya bingung bagaimana agar mereka bisa mendapat lekukan tubuh yang cantik. Fitnes adalah kunci untuk memperoleh tubuh kencang, cantik dan memesona.

5. Mencegah Stres

Kegemukan dapat berawal dari stres. Kebanyakan wanita apabila stres lalu melampiaskannya ke makanan dengan makan camilan ini dan itu sehingga berat badan tahu-tahu langsung meningkat. Setelah tubuh melebar pun, stres tidak kunjung hilang dan mungkin malah tambah stres memikirkan bagaimana menurunkan berat badan. Untuk itulah fitnes bisa menjadi penyelamat yang akan membantu agar stres berkurang.

Stres karena hal-hal kecil pun sangat mungkin terjadi, tapi kalau menumpuknya malah bisa memengaruhi kesehatan diri sendiri. Latihan fisik seperti program fitnes dapat memberikan pencegahan terhadap stres. Kita akan dapat merasakan stres akan berkurang dengan melakukan fitnes di gym secara teratur. Di tempat fitnes jugalah kita akan bertemu dengan banyak orang yang kiranya malah bisa menjadi teman baru untuk berbagi pengalaman atau cerita apa saja.

6. Mendetoksifikasi Tubuh

Wanita dengan masalah kegemukan pasti punya kekhawatiran akan adanya racun yang bertumpuk di dalam tubuh akibat pola makan yang kurang sehat. Program fitnes apabila dilakukan secara rutin maka racun pun akan mampu dikeluarkan dengan baik. Setelah rutin melakukan fitnes, jangan heran kalau racun yang ada di dalam tubuh akan keluar melalui ludah,urine, keringat dan napas.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kualitas pernapasan dapat ditingkatkan dengan latihan fisik. Maka dengan kualitas pernapasan yang lebih baik inilah yang rupanya bisa memengaruhi fungsi ginjal. Apabila fungsi ginjal dalam kondisi baik, ini akan membuat proses detoksifikasi makin lancar.

7. Menambah Teman

Memang tidak semua, tapi beberapa wanita dengan masalah berat badan berlebih merasa tidak percaya diri sehingga kurang dalam hal bersosial. Jika memiliki waktu luang, tidak ada salahnya sambil berfitnes ria, kita menambah kenalan. Jadi, di tempat fitnes kita bisa memperluas pergaulan sambil menurunkan berat badan dan membentuk tubuh ideal. Dengan begitu, kita pun akan menambah banyak pengetahuan dengan berbagi pengalaman dan informasi.

Hanya saja, sebelum memulai fitnes pastikan untuk melakukan pemanasan sekitar 10 menit agar tidak terjadi cedera otot. Bertanya kepada instruktur dan memintanya untuk mencontohkan akan lebih aman daripada melakukannya sendirian. Semoga manfaat-manfaat tersebut bisa didapatkan setelah melakukan fitnes secara teratur.

8. Membakar Lemak

Orang yang gemuk memiliki timbunan lemak di dalam tubuh yang perlu dibakar. Fitnes adalah salah satu kegiatan yang akan membantu proses pembakaran lemak menjadi lebih mudah dan cepat. Walau porsi latihan fisik di gym tidaklah begitu banyak, jangan khawatir karena selalu akan ada hasilnya. Contoh nyata yang kiranya dapat memotivasi adalah 3,5 pon pembakaran lemak bisa dicapai apabila melakukan angkat beban. Latihan fisik ini hanya perlu dilakukan seminggu tiga kali secara rutin dalam jangka waktu dua bulan demi hasil tersebut.

Sebagai wanita, kita bisa memilih program latihan yang tidak membuat otot-otot kita menjadi kekar dan besar layaknya milik para pria. Manfaat fitness bagi wanita gemuk juga menyediakan program untuk melatih otot yang bisa menjaga bentuk tubuh pada idealnya, dan secara tanpa disadari kekuatan fisik telah ditingkatkan dari latihan tersebut.

9. Menjaga Kebugaran

Orang gemuk biasanya akan mudah mengantuk dan lelah di manapun ia berada dan sekecil apapun aktivitas yang ia lakukan. Supaya tidak gampang lemas dan cepat mengantuk, program fitnes akan membantu agar kebugaran tubuh meningkat. Dengan begitu, menjalani rutinitas setiap hari akan selalu semangat dan segar.

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *