Fakta Gaya Hidup Inilah Penyebab Menurunnya Kecerdasan Kita

Fakta Gaya Hidup Inilah Penyebab Menurunnya Kecerdasan Kita Gaya hidup sehari-hari tanpa disadari dapat berpengaruh terhadap kecerdasan, yang dapat membuatnya naik atau bahkan bisa turun. Menurunnya sebuah kecerdasan bisa disebabkan oleh beberapa sebab, seperti kurang mengasah otak dengan membaca atau melakukan kegiatan yang menambah ilmu pengetahuan dan gaya hidup.

Kecerdasan adalah anugrah yang diberikan tuhan kepada kita. Faktor usia, gaya hidup, pola makan, faktor lingkungan juga genetika, sangat mempengaruhi tingkat kecerdasan seseorang. Kebiasaan sehari-hari terkadang tanpa kita sadari telah membawa kita pada gaya hidup yang tidak sehat, dan nantinya akan berakibat pada kesehatan kita, termasuk menjadi penyebab yang bisa menurunkan kecerdasan kita. Ketidakmampuan otak dalam berpikir, menyebabkan kerusakan sel-sel jaringan pada otak, hingga kita pun bisa terkena demensia atau alzheimer.

Berikut ini adalah gaya hidup yang menyebabkan kecerdasan otak kita menurun, bisa jadi salah satunya adalah kebiasaan kita.

1. Kurang Tidur
Pada orang yang mengalami gangguan tidur, terjadi penurunan kadar sel darah putih pada tubuh, sehingga sistem imun atau daya tahan tubuh menjadi lemah. Sehingga menyebabkan kita jadi mudah sakit, terganggunya pertumbuhan, menurunnya kemampuan berkonsentrasi sehingga sulit untuk mengerjakan sesuatu.

2. Kelebihan Tidur
Begitu pula sebaliknya, jika jam tidur kita berlebihan maka akan menyebabkan berbagai macam masalah medis, seperti diabetes, jantung, sakit kepala sehingga meningkatkan resiko kematian.

3. Mengkonsumsi Alkhohol
Alkhohol jika dikonsumsi berlebihan menyebabkan masalah kesehatan yang berhubungan dengan kognisi dan memori, sedangkan jika dikonsumsi dalam jangka panjang, menyebabkan rusaknya sel-sel otak.Ketika berada dalam aliran darah, alkhohol akhirnya mencapai otak dan mengganggu komunikasi antara sel-sel otak dan sel-sel lain dalam tubuh.

4. Kebiasaan Merokok
Nikotin yang terkandung dalam rokok, menyebabkan terjadinya kerusakan pada otak, sehingga neuron dalam otak yang bertugas menyalurkan semua informasi ke seluruh sistem saraf menjadi terganggu. Sehingga bisa dikatakan karena hal tersebut maka akan menurunkan kualitas memori pada otak, yang otomatis mengakibatkan penurunan cara berpikir.

5. Memakai Narkoba
Pengaruh narkoba pada otak yaitu menghambat kerja otak yang disebut depresansia, sehingga kesadaran menurun timbul kantuk juga halusinasi.

6. Stres
Ketika kita stres, tubuh melepaskan hormon glukokortikoid di otak yang secara bertahap melemahkan sel-sel otak, sehingga menyebabkan terjadinya penurunan daya ingat, seperti pada kasus demensia dan alzheimer.

7. Jarang Berolah Raga
Jika kita jarang berolah raga, maka akan menyebabkan terhambatnya aliran darah ke otak. Pada akhirnya menyebabkan penurunan fungsi otak.

8. Malas Berpikir
Jika otak tidak dilatih untuk berfikir, maka akan mengalami penurunan kemampuan untuk mengingat.

9. Nutrisi Untuk Otak
Sama halnya seperti tubuh, otak juga butuh nutrisi, yakni dengan mengatur pola makan kita dengan lebih banyak makan sayur dan buah.

10. Obesitas
Kondisi lemak berlebih dalam tubuh akan merusak saraf otak dan mengubah struktur otak bagian depan, dimana pelindung otak(myelin) cenderung mengalami kerusakan sedikit demi sedikit

Oleh karena itu hidup sehat, pola makan yang baik, berpikir positif, dan menghindari gaya hidup yang buruk, sudah pasti akan meningkatkan kualitas hidup kita, yang berarti juga meningkatkan kualitas kemampuan otak kita.

 

Baca Juga :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *