Fakta Unik Yang Membuat Anak Muda Capek Sendiri

Fakta Unik Yang Membuat Anak Muda Capek Sendiri Dijaman sekarang ini, semua orang selalu dikejar-kejar oleh waktu, bahkan kadang berbanding terbalik dengan kesehatan dan pengelolahan diri. Semakin sibuk seseorang, maka dia akan semakin membutuhkan pengelolahan hidup yang jauh lebih baik. Masalahnya, terkadang sebelum tanggung jawab terselesaikan semua, seseorang bisa mengalami kelelahan yang akibatnya tidak jelas.

Soal mengatur diri, terkadang kita merasa yang dilakukan sudah benar, tetapi pada kenyataannya itu belum cukup sama sekali. Beberapa yang sering bikin kita capek sendiri tidak jelas adalah :

1. Mengalami gangguan tidur, baik itu kurang tidur atau kelebihan tidur.

Fakta Unik Yang Membuat Anak Muda Capek Sendiri

Sudah banyak penelitian yang menemukan bahwa kurang tidur akan menimbukan dampak negatif pada lahir dan batin. Namun ternyata itu juga berlaku jika kebanyakan tidur, karena kamu akan jadi gampang lelah, mengingat tubuhmu terus “dimanjakan” sehingga semakin lemah. Berbagai gangguan tidur juga bisa menyebabkanmu kelelahan.

2. Anemia dan kekurangan darah gula.
Fakta Unik Yang Membuat Anak Muda Capek Sendiri
Semua orang selalu takut terkena penyakit gula, sehingga selalu mengurangi konsumsi gula, padahal sebetulnya kekurangan gula sendiri juga bisa menimbulkan penyakit, salah satunya kelelahan, sehingga penting sekali untuk mengatur pola makan yang kaya akan sayur dan buah. Demikian juga dengan zat besi, merupakan salah satu penyebab kelelahan, karena zat besi adalah komponen utama sel darah merah. Jika kamu mengalaminya, kamu perlu mengkonsumsi makanan tinggi zat besi seperti daging, tahu, kentang, brokoli, kacang-kacangan atau beras merah.

3. Kecemasan berlebihan atau depresi
Fakta Unik Yang Membuat Anak Muda Capek Sendiri
Depresi juga salah satu penyebab utama kelelahan, depresi menyebabkan kesedihan dan kecemasan, begitu juga sebaliknya, sehingga berputar terus seperti itu. Efek lanjutannya akan membuatmu kelelahan akut. Bagaimana tidak, depresi membuatmu susah berpikir dengan jernih dan terus mengeluh tentang hidupmu, membuat energimu terbuang sia-sia. Syukurilah segala hal yang kamu punyai dan masih kamu punyai, itu terbukti bisa mengurangi kecemasan berlebihan.

4. Dehidrasi tubuh.

Fakta Unik Yang Membuat Anak Muda Capek Sendiri
Disaat kita merasa haus, itu artinya kita sudah mulai dehidrasi. Walaupun air apapun akan menghilangkan dahagamu, air putih adalah pilihan terbaik. Air putih yang cukup dalam tubuh akan membuat tubuhmu lebih luwes dan felksibl, sehingga kamu tidak cepat lelah.

5. Terlalu banyak mengkonsumsi kafein.
Fakta Unik Yang Membuat Anak Muda Capek Sendiri
Banyak orang mengkonsumsi kafein agar mereka tetap terjaga dan bisa beraktifitas. Kafein memang bisa meningkatkan keawasan dan energimu, di saat seharusnya kamu sudah lelah, yang dengan kata lain itu terjadi secara tidak alami. Jadi kebanyakan kafein tidak hanya membuatmu kelelahan setelah efeknya habis, makin lama kamu akan semakin kebal dan semakin meningkat dosisnya.

6. Kurang olahraga.
Fakta Unik Yang Membuat Anak Muda Capek Sendiri
Memang tidka dianjurkan untuk olahraga saat kita kelelahan. Namun kalau kita tidak menyempatkan diri untuk olahraga diwaktu-waktu senggang, kita akan mudah kelelahan. Itu karena kita tidak membiasakan diri kita mendapatkan aktifitas fisik yang cukup, sehingga tubuh akan menjadi manja.

7. Sindrom kelelahan kronis (Chronic Fatigue Syndrome/CFG) dan fibromyalgia.
Fakta Unik Yang Membuat Anak Muda Capek Sendiri
Ini merupakan kondisi yang menyebabkan kelelahan yang tidak jelas, yang mengganggu aktifitas sehari-hari selama lebih dari 6 bulan. Kedua kondisi itu sama kronisnya. Yang bisa menjadi solusinya adalah pola tidur yang baik, batasi kafein, buat kamar tidurmu gelap dan senyap, teknik relaksasi, olahraga ringan serta pola makan yang seimbang.

Coba kelola waktu dan tenagamu lebih baik. Ingat bahwa kesehatan itu prioritas nomor 1. Kalau kamu stres karena tanggung jawabmu masih banyak yang belum terlaksana, ingat bahwa kamu nyaris gak bisa melakukan apapun yang produktif saat kamu tumbang akibat sakit. Prioritaskan jadwal dan aktivitasmu dengan bijak.

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *