10 Fakta Menarik Tentang Andora

1. Ada teori yang menerangkan bahwa nama Andorra mungkin berasal dari bahasa Arab, “al-durra” yang artinya “permata”.

2. Sistem politik Andora berasal dari zaman ketika wilayah ini dijajah oleh bangsa Moor. Andora dijadikan sebagai negara buffer/penyangga (negara kecil yang letaknya antara dua negara yang saling bermusuhan), sampai Charlemagne memberikan wilayah ini kepada bangsawan Urgell. Andora kemudian diperintah oleh Urgell Diocese. Pada abad ke-11, Andora membutuhkan perlindungan militer dan berbalik kepada Lord Caboet untuk melakukan kerjasama. Dari sinilah awal-mula pemerintahan bersama Andora. Kemudian timbul konflik yang menyebabkan lahirnya perjanjian pada tahun 1278 yang menyatakan bahwa kepala negara Perancis, Count of Foix dan Bishiop/Uskup Urgell akan berbagi kedaulatan, yang secara resmi membentuk Andora. Pada tahun 1607 Raja Henry IV dari Perancis mendeklarasikan bahwa kepala negara Perancis dan Uskup Urgell akan menjadi pangeran bersama untuk Andora.

3. Andora bukan bagian dari Uni Eropa, EFTA atau Zona Eropa, tetapi negara ini menganggap sebagai negara Eropa meski secara teknis tidak masuk zona Eropa. Mereka mempunyai hubungan khusus dengan Uni Eropa dalam aturan perdagangannya dan bukan pada masalah pertaniannya. Andora juga bukan anggota Schengen Treaty (Pakta Schengen), namun Andora hanya bisa dimasuki melalui Spanyol dan Perancis yang merupakan anggota pakta tersebut dan Andora tidak mempunyai bandara.

4. Pada tahun 1934, administrasi Andora, selama beberapa hari direbut oleh imigran Russia, Boris Skosyrev. Penipu tersebut mendirikan “monarki” nya sendiri dan menjadi “autokrat” dengan nama Boris the First.

5. Perang terus-menerus antara Perancis dan Spanyol mendorong Raja Aragon untuk memaksa keduanya mengadakan perjanjian yang ditandatangani di Pareage. Menurut perjanjian tersebut Andora diharuskan membayar upeti yang dinamakan Petia kepada Perancis dan Spanyol. Upeti ini sampai sekarang masih berlaku.

6. Andora menjadi rute penyelundupan penting antara Vichy Perancis dan Spanyol selama Perang Dunia II.

7. Andora adalah negara terkecil ke-16 di dunia dan negara paling sedikit penduduknya ke-11. Negara ini hanya seukuran 40 km. Total penduduknya sekitar 85.000.

8. Andora adalah negara tertua ke-14 di dunia.

9. Ibu kota Andora adalah Andorra la Vella dan merupakan ibu kota tertinggi di Eropa, dengan ketinggian 3.356 kaki di atas permukaan laut.

10. Seperti halnya negara bagian Amerika, Louisiana, Andora dibagi menjadi jemaah-jemaah (parishes) yang terdiri dari tujuh jemaah, yaitu Andorra la Vella, Canillo, Encamp, Escaldes-Engordany, La Massana, Ordino, dan Sant Julia de Loria. Masing-masing jemaah memiliki pertunjukan dan resort untuk liburan yang menarik seperti untuk ski. Ordino misalnya mempunyai Taman Nasional Sorteny sedangkan Escaldes-Engordany adalah tempatnya festival jass tahunan.