10 Fakta Menarik Tentang Rusia

1. Negara terbesar di dunia
Rusia adalah sebuah negara yang yang membentang luas di sebelah timur Eropa dan utara Asia dengan luas wilayah 17.075.400 km2. Dengan luas wilayah ini negara Rusia adalah negara terbesar di dunia.

2. Memiliki luas dua kali Amerika Serikat
Negara Rusia memiliki dua kali luas Amerika Serikat, atau dua kali wilayah Republik Rakyat Cina dan dua kali luas wilayah Kanada.

3. Peringkat ketujuh dunia jumlah penduduknya
Negara Rusia memiliki jumlah penduduk terbanyak ketujuh di dunia. Jumlah ini lebih kecil dibandingkan jumlah penduduk enam negara yang terbesar jumlah penduduknya, yaitu Cina, India, Amerika Serikat, Indonesia, Brazil dan Pakistan.

4. Memiliki iklim tundar
Wilayah terbesar negara Rusia adalah Siberia, yang unik adalah wilayah Siberia ini memiliki iklim yang tidak biasa. Iklim ini disebut iklim Tundar. Iklim Tundar ialah iklim suatu area di mana pertumbuhan pohon terhambat oleh rendahnya suhu yang ada disekitar lingkungan. Karenanya pula wilayah ini sering disebut wilayah tanpa pohon.

5. Perairannya tetutupi es
Negara dengan iklim tundar ini menjadikan hampir semua perairannya tertutupi oleh es. Hanya beberapa laut saja yang tak tertutupi oleh es. Dari 13 wilayah perairan termasuk rawa, hanya ada 8 yang tidak tertutupi oleh es.

6. Menghapus sistem wakil presiden
Dalam pemerintahan, Rusia tidak lagi menggunakan wakil presiden. Pemerintahan sepenuhnya dipegang oleh presiden yang berpusat di salah satu wilayah Rusia bernama Kremlin. Selama pemerintahan, presiden banyak berkolaborasi dengan perdana menteri, yang memiliki tanggun jawab terhadap parlemen di bawahnya dengan peran yang tetap terbatas. Hal ini dilakukan negara Rusia karena sebelum dihapuskannya wakil presiden, pernah terjadi pembangkangan wakil presiden terhadap presiden.

7. Ekonomi ditopang industri peralatan militer dan industri berat
Rusia memiliki perindustrian unggulan yang maju yang merupakan warisan dari masa pemerintahan Stalin. Di antara sekian industri yang ada di Rusia, industri perlengkapan dan peralatan militer adalah yang paling dikenal. Rusia banyak memproduksi peralatan perang seperti tank, helikopter dan berbagai senjata berat maupun ringan, seperti rudal dan senapan.
Selain perlengakapan militer, Rusia juga unggul dalam industri berat. Industri ini memproduksi bahan baku yang juga bisa digunakan untuk menyuplai kebutuhan industri perlengkapan militer, yaitu industri baja, industri mineral, industri batu bara dan minyak bumi.

8. Pendidikan gratis kecuali perguruan tinggi swasta
Di Rusia, pendidikan sangat mudah didapat dengan tanpa biaya. Sistem jenjang pendidikannya hampir sama dengan yang ada di Indonesia. Di Rusia sekolah menengah terdiri dari 3 tahap, yang pertama adalah sekolah menengah dasar selama 3 tahun, sekolah menengah utama selama 6 tahun dan sekolah menengah khusu selama 2 tahun tahun. Banyak di sekolah menengah khusus mereka hanya fokus pada salah satu mata pelajaran seperti matematika, fisika, kimia dan lain-lain.

9. Memiliki senjata nuklir
Rusia mewarisi senjata nuklir yang di beriakan oleh Uni Soviet.

10. Negara multikultural
Budaya yang menyebar di masyarakat Rusia sangat bermacam-macam karena dipengaruhi oleh banyak budaya. Namun ada budaya yang dominan di Rusia yaitu budaya gereja ortodoks. Budaya lain yang juga menambah keragaman rusia adalah kebudayaan Slavia, Islam, dan Suku Buryat.