Beberapa Fakta Unik Tentang Maldives

1. Penghuni awal Maladewa kemungkinan datang sebelum tahun 500 BCE, dari Sri Lanka dan India Selatan. Pada abad ke-12, nelayan dari Afrika Timur dan negara Arab tiba di Maladewa.

2. Orang pertama yang menjajah Maladewa berasal dari India, tetapi tanggalnya tidak diketaui, dan diperkirakan terjadi pada sebelum tahun 269 SM. Kerajaan pertamanya didirikan oleh anak raja Kalinga di India. Raja sangat tidak menyukai anaknya, oleh karena itu dia dikirim ke Maladewa, yang kemudian sekarang dikenal sebagai Dheeva Maari. Putra mahkota yang bernama Sri Soorudasaruna Adeettiya yang bertanggungjawab mendirikan Dinasti Adeetta Maladewa. Terkenal dengan Dinasti Matahari, era ini berakhir dengan pernikahan ratu Dinasti Solar dengan putra mahkota Dinasti Bulan Kalinga.

3. Maladewa dijajah Portugis antara tahun 1558 dan 1573. Maladewa di bawah perlindungan Belanda pada abad ke-17. Pada tahun 1887, Maladewa di bawah perlindungan Inggris sampai tahun 1965, ketika Maladewa mendapatkan kemerdekaan penuh dari Inggris.

4. Selama berabad-abad menganut sistem kesultanan, kemudian Maladewa mengadopsi bentuk republika pada tahun 1952 dan kesultanan diganti pada tahun 1954. Pada tahun 1968, melelaui referendum, republika berdiri. Pada Ibrahim Nasir, seorang presiden otoriter sejak 1968, digantikan oleh Maumoon Abdul Gayoom pada tahun 1978. Gayoom dipilih untuk masa enam lima tahun pada tahun 2003.

5. Nama resmi Maladewa adalah Republik Maladewa. Namun, nama panjang lokal yang resmi adalah Dhivehi Raajjeyge Jumhooriyyaa. Maladewa beribukota Male.

6. Untuk menumbuhkan kesadaran tentang perubahan iklim, Maladewa mengadakan pertemuan kabinet yang diadakan di bawah laut pada tahun 2009. Inilah negara pertama di dunia yang melakukannya.

7. Ada 1.190 pulau karang yang tergabung dalam 26 atol (200 pulau berpenduduk ditambah 80 pulau dengan resort turis); kepulauan dengan letak strategis dan bersama dengan jalur utama laut di Samudera India. 95% Maladewa terdiri dari perairan.

8. Istilah “atoll” berasal dari bahasa Divehi, “Atholhu”, yang artinya “karang seperti cincin yang mengitari danau” dan istilah atol merupakan satu-satunya bahasa Inggris yang diambil dari bahasa Divehi.

9. Maladewa adalah negara terendah dan paling rata di dunia. Level paling dasar daratan di Maladewa adalah pada 1,5 m, dan titik tertingginya, yaitu di Pulau Villingili, berketinggian 2,3 dari permukaan laut. Karena letaknya yang rendah, Maladewa khawatir dengan kemungkinan tenggelam, karena perubahan iklim terus memberikan pengaruhnya.

10. Minuman keras dilarang kecuali di hotel dan resort, karena Maladewa adalah beragama Islam. Maladewa adalah negara muslim terkecil di dunia.

11. Maladewa dikenal dengan negara yang tidak toleran. Undang-undang Maladewa yang ditulis pada tahun 1997 menetapkan bahwa setiap warga negara Maladewa harus beragama Islam.