Fakta Fakta Menari Tentang Irlandia

1. Irlandia memiliki luas negara sebesar 70.273 kilometer persegi dan penduduk sebanyak lebih dari empat juta orang. Rasio kepadatan penduduk di Irlandia, yaitu 65,3 penduduk per kilometer persegi.

2. Lebih dari seperempat penduduk Irlandia tinggal di Dublin.

3. Pada tahun 1800, jumlah penduduk Irlandia mencapai hampir dua kali jumlah penduduk Amerika Serikat. Sedangkan pada tahun 2000, jumlah penduduk Amerika mencapai sekitar enam puluh kali lebih besar dari Irlandia.

4. Irlandia merupakan pulau terbesar ke-3 di Eropa dan ke-20 di dunia.

5. Irlandia merupakan negara dengan laporan penampakan UFO terendah di Eropa.

6. Menurut Hossein Askari, seorang guru besar politik dan bisnis internasional di Universitas George Washington, AS, Irlandia merupakan negara yang paling Islami, dalam arti paling banyak mengaplikasikan nilai-nilai Islam. Padahal, sebanyak 88% penduduk Irlandia beragama Katolik Roma.

7. Irlandia menduduki posisi ke-9 dalam urutan negara paling romantis di dunia. Masyarakat Irlandia pintar dalam berpakaian, tahu bagaimana berperilaku, dan memiliki kesan yang baik sehingga tampak menyenangkan. Orang-orang Irlandia juga memiliki kharisma yang besar dan rendah hati dalam menggoda pasangannya.

8. Irlandia juga merupakan negara paling ramah ke-4 di dunia. Rakyat Irlandia memiliki sikap terbuka pada orang asing, mampu mencari waktu bersenang-senang ketika sedang berada di masa sulit, dan memiliki sifat optimis yang tinggi.

9. Guinness, bir dari Irlandia, diberikan secara gratis kepada para pendonor darah (hingga Juni 2010).

10. Anak kembar identik tertinggi di dunia, dengan tinggi 2,18, dilahirkan di Irlandia pada tahun 1761

11. Sebanyak 57% penduduk Irlandia menggunakan kacamata atau lensa kontak.

12. Rata-rata tinggi orang Irlandia untuk pria adalah 5’8” dan 5’5” untuk wanita.

13. Irlandia disebut sebagai salah satu negara dengan tingkat kejahatan yang rendah dan merupakan salah satu negara tempat tinggal teraman.

14. Di Irlandia, banyak keluarga yang memiliki nama yang berawalan dengan “Mac” atau “O’…”. Dua nama itu berarti “anak dari…” atau “cucu dari..” dalam bahasa Gaelic.

15. Jack dan Emily merupakan nama bayi paling populer di Irlandia pada tahun 2011 dan 2012.

16. Irlandia merupakan negara terbaik ke-10 untuk membesarkan anak.

17. Menurut orang-orang keturunan Irlandia, peri adalah asal mula keturunan mereka.

18. Jaimie Donovan merupakan anak perempuan asal Irlandia yang mendapatkan gelar “orang termuda yang berhasil mencapai kutub Utara” pada tahun 2012.

19. Di septictank bekas sebuah gereja Katolik di Kota Tuam, Irlandia, ditemukan kuburan massal anak-anak. Diperkirakan sebanyak 796 anak dikubur di sini antara tahun 1925 dan 1961. Menurut sejarawan lokal, kuburan massal itu berasal dari sebuah panti asuhan yang ada di tempat tersebut.

20. Titanic, kapal terbesar di dunia pada saat pelayaran perdananya itu, merupakan kapal yang dibuat di Irlandia.

21. Hijau merupakan warna nasional negara Irlandia, sebagai warna yang mewakili leren bukit hijau yang luas serta santo pelindung Irlandia, St. Patrick.

22. Menurut Majalah Forbes, Irlandia merupakan negara yang memiliki hutang terbesar di dunia jika dibandingkan dengan kemampuannya untuk membayar hutang tersebut

23. Beberapa novelis asal Irlandia yang terkenal, yayitu Jonathan Swift (Gulliver’s Travels), Bram Stoker (Dracula), dan James Joyce (Ulysses).

24. Kisah drakula terinspirasi dari legenda Irlandia, Abhartach.

25. Seperti banyak negara lain di dunia, Irlandia merayakan Saint Patrick’s Day pada tanggal 17 Maret. Perayaan ini merupakan hari libur nasional di Irlandia.

26. Pada Olimpics, tinju merupakan olahraga yang paling diunggulkan oleh Irlandia.

27. Irlandia merupakan negara pertama di dunia yang mengeluarkan pajak untuk setiap penggunaan kantong plastik saat berbelanja. (2002)

28. Pada tahun 2004, Irlandia pertama kali memperkenalkan larangan merokok di tempat umum.

29. Rata-rata bir yang dikonsumsi seseorang di Irlandia, yaitu sekitar 131,1 liter per tahun. Jumlah ini menjadikan Irlandia menjadi negara terbanyak kedua yang mengonsumsi bir setelah Republik Ceko

30. Rata-rata, sebanyak 1.184 cangkir teh diminum oleh orang Irlandia per tahun.