Fakta Fakta Menarik Mengenai Islandia

1. Islandia didirikan oleh bangsa Viking (bangsa Skandinavia) dan yang menjadi penghuni pertama Islandia pada tahun 870. Kemudian Islandia merdeka dari Kerajaan Denmark pada tahun 1918 dan menjadi republik sejak tahun 1944.

2. Reykjavík adalah satu-satunya kota di Islandia dan menjadi ibu kotanya. Nama Reykjavík berarti “Teluk Asap” (Bay of Smokes).

3. Bendera Islandia mengandung tiga warna. Warna merah menyimbulkan api vulkanis, putih adalah salju dan biru melambangkan warna laut yang mengitarinya.

4. Orang Islandia sangat toleran. Di Reykjavik rutin diadakan parade gai. Sejak tahun 2010 pernikahan homoseksual diperbolehkan di Islandia dan prosentase biseksual sangat tinggi.

5. Bahasa resmi Islandia adalah bahasa Islandia yang sama dengan bahasa Norwegia dan sudah digunakan 1000 tahun yang lalu.

6. Orang Islandia berbicara sambil bernafas.

7. Islandia adalah tempat dasar parlemen pertama di Eropa. Pada tahun 930, parlemen pertama bertemu di Islandia, di tempat yang sekarang dikenal dengan Taman Nasional Þingvellir (Tringvelir). Sejak itu, tempat tersebut masuk dalam UNESCO World Heritage Site, karena me ngandung nilai budaya, historis, dan geografis.

8. Pendidikan di Islandia gratis dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Bahasa Denmark dan bahasa Inggris adalah bahasa yang diajarakan di sekolah-sekolah.

9. Presiden wanita pertama di dunia, Vigdis Finnbogadottir, terpilih sebagai presiden pada tahun 1980. Dia terpilih kembali menjadi presiden pada tahun 1984 dan 1988.

10. Ada lima orang presiden Islandia setelah merdeka dari Denmark pada tahun 1944. Sveinn Björnsson adalah yang meninggal di kantor. Presiden Ásgeir Ásgeirsson adalah presiden pertama yang menjadi pilihan populer. Vigdís Finnbogadóttir adalah presiden wanita pertama di dunia. Ólafur Ragnar Grímsson adalah bekas politisi populis yang menjadi presiden dan satu-satunya presiden yang menggunakan hak untuk melakukan referendum nasional berdasarkan hukum dari Althingi, parlemen Islandia.

11. Gedung kepresidenan dinamakan dengan Bessastaðir dan terbuka bagi umum. Tidak ada pengamanan yang terlihat dan kamu bisa berjalan-jalan lewat halamannya, bahkan mengintip dari balik jendela.

12. Bagian “Tanda Geografis” (geographical significance) dari Þingvellir masuk dalam daftar situs UNESCO karena faktanya bahwa situs ini satu-satunya di dunia di mana kamu bisa menyaksikan dua patahan tektonik bumi bertemu di atas permukaan bumi (yang lainnya ada di Afrika). Patahan Amerika Utara dan Uerasia menonjol keluar tanah di Þingvellir, yang bergeser sepanjang 2 cm setiap tahunnya. kamu bahkan bisa menyelam diantara patahan di dekat danau Þingvallavatn.