Fakta Fakta Menarik Negara Algeria

1. Nama Algeria berasal dari nama pemukiman tertua di negara tersebut dan merupakan ibu kota modern, yaitu Algiers.

2. Algeria menjadi negara terbesar di Afrika dan terbesar ke-10 di dunia pada tahun 2011, setelah Sudan Selatan memisahkan diri dari Sudan, yang sebelumnya menjadi negara terbesar di Afrika (Sudah sekarang dikenal dengan Sudan Utara, yang sekarang menjadi negara terbesar ketiga, dan kemudian Kongo).

3. Algeria mempunyai sejarah politik yang menarik. Selama bertahun-tahun Algeria diperintah oleh Romawi, suku Vandal Jerman, Bizantium, Spanyol, Turki, dan kemudian Perancis. Algeria dikuasai Perancis dari tahun 1830, sampai mencapai kemerdekaan pada tahun 1962. Lebih dari satu juta penduduk Algerian terbunuh dalam perang meraih kemerdekaan dari Perancis pada tahun 1962.

4. Hari kemerdekaan Algeria diperingati pada 1 November yang dikenal dengan “Hari Revolusi”.

5. Bendera Algeria yang sekarang dipakai dari tanggal 3 Juli 1962. Warna dan simbol bendera Algeria mempunyai makna simbolis. Merah menyimbulkan darah para pahlawan Algeria yang mati dalam merebut kemerdekaan dari Perancis. Warna hijau melambangkan alam, sedangkan warna putih dan bendera menyimbulkan perdamaian. Merah dan bulan sabit menyimbulkan agama Islam.

6. Di Algeria banyak situs arkeologi kuno dari zaman Neolitik, berupa seni batu pra sejarah yang dapat ditemukan di Taman Nasional Tassili, yang dikenal dengan “Dataran Tinggi Sungai”, di Tassili n’Ajjer. Area ini penting dan termasuk dalam UNESCO World Heritage Site. Di sana terdapat lebih dari 15.000 lukisan dan pahatan yang berasal dari tahun 6000 BC. Situs arkeologis lainnya adalah Djemila, Timgad, Tipasa, dan Lembah M’Zab.

7. Kota suci Beni-Isguen, yaitu kota benteng yang tidak jauh dari Ghardaia, adalah pemandangan yang luar biasa. Terletak di gurun Sahara, di belakang benteng besar, diantara sekumpulan rumah dari lumpur atau tanah yang membentuk lorong-lorong jalan yang sempit dan tidak banyak berubah sejak pertama kali dibangun pada abad ke-14.

8. Assekram di Algeria adalah tempat menarik untuk camping malam yang mempunyai pemandangan pegunungan yang menakjubkan.

9. Gurun Sahara menutup 80% wilayah Algeria. Gunung tertinggi di Algeria adalah Gunung Tahat.

10. Tlemcen adalah kota kerajaan penting dari abad ke-12 sampai 16 dan berada di bukit di kaki gunung Atlas Tellian. Pemandangan di dalamnya termasuk Masjid Agung (Grand Mosque), Benteng Mansourah dan benteng Almohad.