Fakta Fakta Menarik Negara Angola

1. Nama Angola berasal dari istilah “N’gola”, dari bahasa Kimbundu, yang berarti “Raja”. N’gola (raja) Kiluange adalah raja kerajaan Ndongo pada masa pertama kali Portugis tiba di Angola.

2. Ada 2 nama resmi Angola, yaitu Kerajaan Ular Terbang (Angolish Empire of Flying Snakes) dan Photographic Monarchy of Angola

3. Bendera Angola terinspirasi oleh bendera Uni Soviet.

4. Angola mengalami perang sipil yang merenggut nyawa ribuah penduduk dari tahun 1975 sampai tahun 2002.

5. Ibu kota Angola, Luanda, sekarang menjadi kota termahal di dunia, mengalahkan Tokyo dan Moskow. Kota ini juga mendapat julukan “Paris of Afrika”, karena atmosfer budayanya yang kaya.

6. Perdagangan budak dipraktikkan pada awal sejarah Angola, dengan suku seperti Imbangala dan Mbundu sebagai korbannya, melalui pelabuhan yang dibangun di Luanda dan Bengeula. Portugis mengakhiri perdagangan budak ini pada tahun 1836 setelah merdeka dari Portugis.

7. Orang Angola biasanya berjabat tangan ketika bertemu dengan orang lain, tetapi ketika bertemu orang yang lebih tua dia akan menundukkan kepalanya.

8. Semba, salah satu gaya musik Angola yang paling terkenal, adalah memengaruhi beberapa jenis musik lainnya, termasul Samba dari Brazil.

9. Minyak dan intan Angola adalah sumber utama pendapatan negara. Angola bahkan menjadi suplier minyak utama Cina.

10. Salah satu keajaiban alam paling indah di Afrika, yaitu air terjun Ruacana, adalah terdapat di Angola.

11. Di Angola dilarang memfoto bangunan pemerintah, tempat militer, dan bangunan serupa lainnya.

12. Angola mempunyai tingkat kematian tertinggi di dunia. Untuk setiap 1000 orang terdapat 23,4 kematian per tahunnya (statistik 2011)

13. Angola adalah tempat lahirnya gaya rambut Dreadlock.

14. Orang Angola sangat menyukai musik dan setiap tahunnya pada bulan September diadakan Sumbe Music Festival di Sumbe yang sangat terkenal di seluruh dunia.

15. Angola dapat dijuli “Sisi Latin Afrika”, karena orangnya sangat mencintai musik Latin, mereka suka berjoget atau berdansa

16. Angola kebanyakan berpenduduk muda. Hampir 70% penduduk di Angola berumur di bawah 24 tahun.

17. Taman Nasional Iona adalah taman terbesar di Angola yang berbatasan dengan Samudera Atlantik dengan bukit pasir di gurun yang indah dan kehidupan burung dan mamalia.

18. Miss Universe tahun 2011 adalah dari Angola, yaitu Leila Luliana da Costa Vieira Lopes, yang terkenal dengan nama “Leina Lopes”

19. Angola mempunyai Bungy Jumping Craziness yang akan memberikan pengalaman orang terjun ke bawah sedalam 20 kaki dan terasa gila dan lioar, sesuai dengan namanya.

20. Pohon nasional Angola adalah imbondeiro yang agung. Menurut kepercayaannya, bahwa Tuhan yang menanam pohon ini, yang dikenal juga dengan “Boabob”