Fakta Fakta Menarik Tentang Italia

1. Nama Italia berasal dari kata italia, yang artinya daratan “anak sapi” (calf land), dan mungkin karena banteng adalah simbol dari suku Italia bagian Selatan.

2. Italia luasnya kita-kira 116,400 mil persegi (termasuk Sisilia dan Sardinia), yang sedikit lebih besar dari Arizona.

3. Italia adalah kota paling padat di Eropa. Populasinya diperkirakan mencapai 58,126,212 pada Juli 2009. Populasi Amerika diperkirakan mencapai 307,212,123 pada bulan dan tahun yang sama.

4. Ibukota Italia adalah Roma (dikenal sebagai Kota Abadi) dan usianya hampir sudah 3000 tahun. Roma menjadi ibokota sejak tahun 1871 dan menjadi rumah bagi Kubah St. Peter’s, kapel Sistine, Coliseum, dan air mancur Trevi yang terkenal.

5. Nama resmi Italia adalah Italian Republik (Repubblica Italiana/Republik Italia).

6. Italia mempunyai banyak karya agung per mil persegi dibandingkan negara lain di dunia.

7. Hampir empat per lima Italia adalah gunung atau perbukitan.

8. Pada tahun 2007, seekor anjing bernama Rocco ditemukan di Tuscany seberat 3.3 pond. Anjing tersebut dijual di pelelangan seharga $333,000 (USD),

9. Srigala Italia adalah binatang nasional Italia yang tidak resmi dan berperan besar dalam legenda lahirnya kota Roma.

10. Penulis “Pinocchio” (kacang cemara/”pine nut”), Carlo Collodi (1826-1890) adalah orang Italia.

11. Ketika McDonald’s dibuka pada tahun 1989 di Roma, kaum tradisionalis di luar restoran memberikan secara gratis spagheti dan mengingatkan orang-orang tentang warisan makanannya.

12. Keju Parmesan berasal dari area sekitar Parma, Italia. Orang Italia juga menciptakan banyak keju lainnya, termasuk gorgonzola, mozzarela, provolone, dan ricotta. Tidak ada orang yang tahu kapan pizza ditemukan, tetapi orang Naples yang membuat pizza terkenal.

13. Universitas Roma adalah universitas tertua di dunia dan didirikan oleh gereja Katolik pada tahun 1303. Sering disebut La Sapienza (pengetahuan), Universitas Roma juga merupakan universitas terbesar di Eropa dengan 150.000 orang mahasiswa.

14. Ada dua negara yang merdeka di Italia, yaitu Republik San Marino (25 mil persegi) dan Kota Vatikan (hanya 108.7 acre).

15. San Marino Italia adalah republik tertua di dunia (tahun 301 M), yang mempunyai penduduk kurang dari 30.000 orang, dan mempunyai konstitusi tertua di dunia. Penduduknya dinamakan Sammarinese.

16. Kota Vatikan adalah satu-satunya negara di dunia yang dapat mengunci pintu gerbangnya pada malam hari. Vatikan mempunyai perusahaan telepon sendiri, radio, TV, stasiun, uang, dan perangko sendiri. Vatikan bahkan memiliki tentara sendiri, yang dinamakan Swiss Guard (Pengawal Swiss).

17. Kebanyakan flora dan fauna alam Italia punah karena pengembangan lahan. Banyak dari hewan liarnya punah karena banyak diburu.

18. Italia lebih menderita karena gempa bumi dibandingkan negara lainnya di Eropa. Pada tahun 1693, diperkirakan 100,000 orang mati pada gempa bumi di Sisilia. Gempa bumi di Italia sekrang yang paling mematikan terjadi di Naples pada tahun 1980, dengan korban 3.000 orang.

18. Tidak ada negara lain di Eropa yang mempunyai banyak gunung berapi seperti Italia. Hal ini dikarenakan semenanjung Italia berada pada posisi garis yang salah. Tiga gunung berapa yang besar (Etna, Stromboli, dan Vesuvius) meletus pada seratus tahun terakhir ini.

19. Pada tahun 2000 SM, suku Italia (Oscan, Umbrian, Latin) menetap di Italia. Mereka diikuti oleh suku Etruscan pada tahun 800 SM dan Yunani, yang membentuk koloni yang dikenal dengan Magna Graeca di Italia selatan (sekarang Apulia). Roma didirikan pada tahun 753 SM dan setelah itu Roma menaklukan semenanjung tersebut.

20. Pada puncak kejayaannya di tahun 117 M, Kekaisaran Romawi merentang dari Portugal di Barat sampai Syiria di timur, dan dari Inggris di Utara sampai gurun Afrika Utara melewati laut Mediterania. Kekaisaran Romawi meliputi 2.3 juta mil (dua pertiga ukuran Amerika) dan jumlah penduduk 120 juta orang. Selama Zaman Pertangahan, Roma mempunyai tidak lebih dari 13.000 penduduk.