Fakta Menari Tentang Cambodia

1. Bukti berdasarkan uji zat karbon menunjukkan bahwa Kamboja telah dihuni sejak awal tahun 4000 SM.

2. Istilah bahasa Inggris Cambodia berasal dari bahasa Perancis “Cambodge”.

3. Warga bagian timur Kamboja lebih banyak yang menggunakan nama “Kampuchea”.

4. Kamboja adalah jajahan Perancis selama 90 tahun dari tahun 1863 sampai 1953. Di bawah Raja Sihanouk, Kamboja menjadi negara merdeka dengan nama Kerajaan Kamboja. Kamboja diduduki Jepang selama Perang Dunia II dari tahun 1941 sampai 1945.

5. Perancis banyak memberikan pengaruh di Kamboja berupa arsitektur khususnya di wilayah Phnom Penh. Arsitektur gaya Paris nya mendapat julukan “Mutiara Asia” pada tahun 1920-an dan dijuluki dengan “Paris dari Timur”.

6. Bendera Kamboja adalah satu-satunya bendera negara di dunia (selain Afghanistan) yang bergambar bangunan, yaitu bangunan Angkor Wat.

7. Motto Kamboja adalah “Bangsa, Agama, Raja”.

8. Phnom Penh adalah ibu kota Kamboja. Phnom Penh secara bahasa artinya “Bukit Penh” (Phnom adalah bahasa Khmer yang artinye “bukit atau dataran tinggi”). Nama Phnom Penh juga karena daerah ini dibangun berawal dari kuil kecil yang dibangun di sana pada tahun 1372 oleh seorang wanita Khmer bernama Penh.

9. Agama resmi Kamboja adalah Buddha Theravada, yang dipeluk oleh 95% penduduk Kamboja. Salah satu aliran agama Buddha ini mengikuti ajaran Tipitaka atau dalil-dalil Pali, yaitu kumpulan teks ajaran Buddha paling kuno, yang pengikutnya mencapai 100 juta saat ini.

10. Raja sekarang Kamboja, Raja Agung Norodom Sihamoni adalah seorang sarjana dan tidak mempunyai anak, jadi tidak ada penerusnya yang menjadi syarat kelanjutan raja Kamboja berikutnya. Pada tanggal 14 Oktober 2004, Raja Agung Norodom Sihamoni terpilih dengan suara bulat oleh anggota konsili istana Raja Kamboja. Dia lhir pada hari Selasa, 14 Mei 1953 di Phnom Penh. Dia juga seorang pedansa ballet yang terlatih.

11. Bekas raja Kamboja, Norodom Sihanouk mendukung pernikahan gay selama berkuasa di Kamboja.

12. Sebuah toilet senilai $40.000 dibangun untuk keperlaun pribadi Ratu Maha Chaktri Sirindhorn dari Thailand saat dia berkunjung ke Kamboja.

13. Perdana menteri Kamboja, Hun Sen, menjadi kepala negara termuda di dunia, dengan usia 32 tahun lebih 162 hari ketika menjabat sebagai perdana menteri Kamboja. Dia menjabat selama 25 tahun sampai dia berusia 74 tahun.

14. Pada tahun 2011 Hun Sen menyatakan jika ada seseorang yang berusaha mengadakan demontrasi melawan kekuasaannya, “Saya akan pukul seluruh anjing-anjing itu dan akan saya masukkan ke dalam sangkar”.

15. Selama perang Vietnam, Amerika juga membom Kamboja dari tahun 1963 sampai tahun 1973.

16. Rezim Khmer Merah melakukan genosida di Kamboja antara tahun 1975 dan 1979, dan membunuh sekitar setengah sampai tiga juta jiwa. Genosida ini berakhir ketika Vietnam menginvasi Kamboja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *