Fakta Menarik Kapten James Cook

James Cook dilahirkan di tengah keluarga miskin pada 27 Oktober 1728 di kota Yorkshire, Inggris. Ayahnya, James Cook Sr, hanyalah seorang buruh tani. Sedangkan ibunya bernama Grace Pace.

Dia hanya bersekolah di sekolah desanya sampai umur 12 tahun. Kemudian dia bekerja di ladang membantu ayahnya. Lalu, dia bekerja di toko dan kemudian di perusahaan perkapalan. Karena dia anak yang rajin, pintar dan berkarakter kuat maka karirnya cepat naik sehingga dia dapat menjadi Letnan Angkatan Laut Inggris.

Pada tahun 1768, James Cook diangkat menjadi kapten kapal “Endeavour” dan diberi perintah oleh Angkatan Laut Inggris untuk mencari daerah jajahan baru di Samudra Pasifik (Laut Teduh). Di saat yang sama, Royal Society, sebuah lembaga ilmu pengetahuan kerajaan Inggris memberinya perintah untuk mengantar sekelompok ilmuwan ke Tahiti.

Tugas para ilmuwan yang dibawa oleh Cook adalah untuk mengamati perlintasan planet Venus antara bumi dan matahari. Hasil pengamatan ini bermanfaat untuk memperkirakan jarak bumi dari matahari.

Dalam penjelajahan yang pertama ini, kapal tersebut membawa 85 orang, termasuk 11 orang ilmuwan, antara lain Banks (seorang ahli tumbuhan), Dr. Solander (ahli tumbuhan, orang Swedia), Buchan (pelukis pemandangan), Parkinson (pelukis hewan dan tumbuhan), dan Cook sendiri (ahli bintang, ahli survey dan observasi)

Ini adalah kapal Endeavour. Kapal ini berukuran panjang 30 meter, dan berat 368 ton. Kapal ini berumur 4 tahun dan dilengkapi dengan senjata berupa 8 buah meriam yang dapat ditembakkan ke segala arah. Di geladak atas, ada kandang – kandang untuk kambing, itik, dan babi. Dengan kapal inilah, James Cook pergi mengelilingi dunia selama 3 tahun.

Perjalanan Cook yang pertama ini dilakukan dengan menyusuri pantai Amerika Selatan sampai ke Tanjung Tanduk (Cape of Horn), lalu membelok ke arah Barat Laut menuju Tahiti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *