Fakta Menarik Negara Malta

Malta bukanlah negara yang cukup populer bagi masyarakat Indonesia untuk dikunjungi. Meskipun begitu, negara terkecil kesepuluh di dunia ini memiliki fakta yang cukup menarik. Tahun ini, ibukota Malta, Valletta, terpilih sebagai ibukota budaya Eropa.

1. Malta lebih muda dari Indonesia

Sebagai negara yang berdiri sendiri, Malta baru merdeka dari Inggris pada tahun 1964 dan menjadi republik pada tahun 1974. Meskipun begitu, kondisi perekonomian di Malta bisa dikatakan sangat baik.
Malta memiliki GDP per kapita sebesar 30.500 dollar per tahun dengan indeks pembangunan manusia sangat tinggi. GDP penduduk Malta adalah hampir 8 kali lebih besar daripada GDP penduduk Indonesia.

2. Pemerintah Malta mengundang warga negara lain untuk menjadi warga negaranya

Penduduk Malta hanyalah sebanyak 450.000 jiwa saja. Karena jumlah penduduk yang hanya sedikit, pemerintahnya menawarkan kewarganegaraan Malta kepada penduduk negara lain. Mereka menjanjikan negara Malta sebagai tempat bisnis dan investasi yang baik, juga sebagai tempat untuk menghabiskan hari tua yang indah di tepi laut yang hangat.

Membangun bisnis di Malta juga mudah, hanyalah dibutuhkan waktu satu minggu. Passport Malta sendiri merupakan passport terkuat nomor 7 di dunia. Oleh karena itu, di Malta banyak sekali orang yang berasal dari berbagai macam negara. Pemerintah Malta sendiri percaya bahwa sumber daya manusia adalah modal utama dalam pembangunan, berbeda dengan pemerintah lain yang tidak suka ada imigran di negaranya.

3. Pengaruh Inggris, Italia, dan Arab sangat kental terasa

Posisi negara Malta yang terletak di antara benua Eropa, Afrika, dan Timur Tengah membuat Malta menjadi tempat pertemuan banyak budaya. Belum lagi negara ini memang sebelumnya selalu ada di bawah kekuasaan negara lain. Selain Inggris, Italia dan Arab juga pernah menguasai Malta. Hal ini menyebabkan pengaruh ketiga negara tersebut sangat kental terasa.Bahasa yang digunakan di Malta adalah bahasa Malta yang terdengar seperti bahasa Arab dan Italia. Akar bahasa ini adalah bahasa Arab namun tulisannya dikembangkan seperti bahasa Italia dan dilatinkan.

Bahasa Inggris juga menjadi bahasa nasional Malta dengan aksen British yang kuat. Selain bahasa, makanan di Malta juga beragam, dengan makanan dari pulau Sisilia, Italia yang paling banyak dijumpai. Pengunjung juga akan banyak melihat kotak telepon merah yang menjadi ciri khas negara Inggris. Posisi mengemudi di negara inipun sama dengan Inggris, yaitu berkendara di sebelah kiri dan supir duduk di sebelah kanan. Sementara negara-negara Eropa lainnya memiliki posisi mengemudi yang sebaliknya.

4. Malta memiliki monumen yang lebih tua daripada piramida besar di Mesir

Piramida besar di Giza, Mesir diperkirakan dibangun pada tahun 2580 sampai 2560 sebelum masehi. Artinya umur piramida di Mesir sekarang adalah sekitar 4590 tahun. Tapi di Malta ada sebuah candi yang bernama Ħaġar Qim yang umurnya sekitar 5700 tahun. Ħaġar Qim dibangun antara tahun 3700 sampai 3200 sebelum masehi.