Fakta Menarik Tentang Malaysia

1. Salah satu nama tertua Malaysia, Aurea Chersonesus, berarti “semenanjung emas.” Itu diberikan oleh ahli geografi Yunani-Romawi Ptolemy dalam bukunya Geographia, yang ditulis sekitar tahun 150. Malaysia sebenarnya lebih terkenal sebagai produsen terbesar kedua di dunia logam timah.

2. Nama Malaysia mungkin berasal dari kata Melayu, yang bisa berasal dari Sungai Melayu (Melayu River) di Sumatera. Nama sungai ini berasal dari Dravida (Tamil) malai kata, atau “bukit.”

3. Malaysia adalah satu-satunya negara yang mencakup wilayah baik di daratan Asia Tenggara dan di pulau-pulau yang membentang antara massa benua Asia dan Oseania.

4. Kalimantan adalah pulau terbesar ketiga di dunia, setelah Greenland dan New Guinea. Tiga negara berbagi pulau. Independen Kesultanan Brunei, Indonesia, dan Malaysia

5. Kantor distrik Kuala Kangsar Malaysia adalah rumah pohon karet yang masih hidup terakhir dari batch asli yang dibawa oleh Inggris H.N. Ridley dari London Kew Gardens di tahun 1877.

6. Waktu lokal telah disesuaikan di semenanjung Malaysia total delapan kali. Penyesuaian terakhir terjadi pada tanggal 1 Januari 1982, ketika Tun Dr Mahathir Mohamad, perdana menteri, memutuskan bahwa seluruh negara akan mengikuti waktu di Sabah dan Sarawak. Sebelum itu, kedua pulau itu 30 menit menjelang Semenanjung Malaysia.

7. Malaysia memiliki 40.934 mil (65.877 km) dari jalan raya. Ini lebih dari lingkar bumi dari 24.901 mil (40.075 km).

8. Bundaran terbesar di dunia terletak di Putrajaya di Malaysia. Berukuran 2,2 mil (3,5 km) dengan diameter.

9. Tongkat Ali-pohon kecil dengan tebal, mendalam, dan akar lurus dan sangat umum di perbukitan hutan Malaysia-disebut Melayu Viagra karena telah terbukti memiliki efek testosteron seperti pada tikus. Ekstrak tongkat ali yang digunakan dalam “minuman kekuasaan” yang dikombinasikan dengan kopi dan ginseng.

10. Daun terbesar di dunia, Alocasia macrorrhiza, berasal dari negara bagian Sabah, Malaysia. Sebuah spesimen ditemukan pada tahun 1966 diukur 9,9 kaki (3,02 m) panjang 6,3 (1,92 m) lebar.

11. Jepang menyerbu Malaysia pada tanggal 6 Desember 1941, hari yang sama mereka membom Pearl Harbor. Mereka mendarat di Khota Baru dan mencuri sepeda di setiap kota mereka mengambil perjalanan mereka ke Singapura, membuat perjalanan dalam 45 hari.

12. Sebelum abad ke-19, para sultan dari Semenanjung Melayu akan memesan beberapa eksekusi yang akan dilakukan dengan menggunakan keris, keris seremonial. algojo akan berdiri dengan keris panjang di belakang si terhukum. Sepotong kecil dari kapas ditempatkan di bahu si terhukum untuk menghentikan pendarahan. eksekusi akan memegang pisau keris tegak lurus dan kemudian pergi ke bawah melalui tulang selangka ke dalam hati orang terhukum. Kematian hampir seketika. kapas diadakan di tempat dimana pisau tersebut ditarik.

13. Ditemukan pada tahun 1991, Perak Man adalah yang tertua (berusia sekitar 11.000 tahun) dan satu-satunya kerangka manusia lengkap dapat ditemukan di Semenanjung Malaysia.