Fakta Menarik Tentang Negara Austria

1. Nama resmi Austria adalah Republik Öesterreich (Republik Austria). Nama Austria berasal dari dialek Bavarian (negara bagian Jerman), yaitu Ostarrichi yang secara bahasa artinya “Dunia Timur”.

2. Bahasa resmi Austria adalah bahasa Jerman dan mata uang Austria adalah Euro.

3. Bendera Austria adalah salah satu bendera yang tertua di dunia. Bendera Austria sudah ada sejak tahun 1191, dan digunakan oleh Pangeran Leopold V ketika dia ikut dalam perang Acre selama Perang Salib ke-3.

4. Selama abad ke-17 dan 18, Austria adalah salah satu kekuatan besar di Eropa di bawah Habsburg yang menguasai Kekaisaran Austro-Hongaria.

5. Diperkirakan ada 60% orang dewasa Austria mengalami obesitas, dan merupakan peringkat tertinggi di Uni Eropa.

6. Austria dianggap sebagai negara yang hijau karena lebih dari 60% listrik di Austria adalah dari sumber kekayaan alam yang dapat diperbarui, seperti angin atau energi matahari.

7. Austria adalah satu-satunya negara Uni Eropa yang tidak tergabung dalam NATO.

8. Baroness Bertha von Sutter, berdarah Austria-Hongaria, adalah wanita pertama yang memenangkan Nobel Perdamaian pada tahun 1905.

9. Ketika Turki meninggalkan kota Vienna pada tahun 1683, mereka meninggalkan sejumlah besar kopi, sehingga melahirkan tradisi besar Kaffeehaus (rumah kopi) oleh orang Vienaa. Sejak abad ke-19, rumah kopi menjadi bagian penting masyarakat kelas menengah Vienna dan kehidupan intelektual.

10. Ada kemungkinan lain bahwa Adolf Hitler berhubungan dengan Yahudi yang dimusnahkan selama peristiwa Holocaust. Sampel air liur yang diambil dari 39 keluarga Hitler keturunan Austria pada tahun 2010 memperlihatkan bahwa dia mempunyai kromosom Haplogroup E1B1B1, yang umumnya terdapat di Berbers Maroko, Algeria, dan Tunisia, juga di Yahudi Sephardis dan Ashkenazi. Inilah salah satu silsilah penting populasi Yahudi.

11. Schonbrunn Tiergarten di Wina, yang didirikan pada tahun 1752 oleh Raja Franz Stephan sebagai kandang binatang, adalah kebun binatang tertua di dunia.

12. Kematian di Austria menjadi bisnis yang besar, dan indsutri pemakaman dianggap per kapita terbesar di Eropa. Orang Austria sangat terbuka dalam merencanakan kematiannya, mendiskusikan masalah pemesanan kuburan, mendesain batu nisannya, dan bergabung dengan Sterbeverein (“Asosiasi Kematian”) yang memastikan seseorang secepatnya membayar tagihannya. Setelah kembali dari penguburan orang Austria, orang pasti mendengar adanya ein schone Leiche (jenazah yang cantik).

13. Sutradara film Austria, Ernst Lubitsch, Billy Wilder, dan Fred Zinnemann berperan penting dalam pembuatan Hollywood sebelum dan setelah Perang Dunia II.

14. Akademie der Bildenden Kunste di Wina (Akademi Kesenian) terkenal karena menolak pelukis muda dengan nama Adolf Hitler. Dari 128 pendaftar yang dilakukan pada tahun 1907, Hitler adalah salah satu dari 100 pendaftar yang gagal masuk. Tema ujian masuknya terdiri dari “Pengusiran dari Surga”, “Pekerja Bangunan”, dan “Kematian”.

15. Psikiater Vienna, Sigmund Freud, adalah pendiri terkenal psikoanalisis, yang sangat berpengaruh dalam dunia psikologi modern juga bidang lain dari ilmu pengetahuan dan budaya. Dia meninggal dalam pengasingan di London pada tahun 1939.

16. Ketika raja Maximilian I mendirikan Paduan suara Laki-laki Vienna pada tahun 1498, dia mengganti paduan suara castrati dengan anak muda yang suaranya belum pecah, dan menciptakan salah satu paduan suara yang paling banyak dirayakan di dunia.