Fakta Menarik Tentang Vietnam

Vietnam adalah negara Asia Tenggara di Laut Cina Selatan yang terkenal dengan pantainya, sungai, dan budayanya, Pagoda dan kota yang ramai. Mari jelajahi Beberapa Fakta Menarik Tentang Vietnam berikut ini :

1 . Nama resmi negara Vietnam adalah Republik Sosialis Vietnam.

2 . negara ini berbatasan dengan Cina di utara, Laos di barat laut, Kamboja sampai barat daya, Thailand di seberang Teluk Thailand di barat daya, dan Filipina, Malaysia dan Indonesia melintasi Laut Cina Selatan di timur dan tenggara.

3 . Bahasa resminya adalah bahasa Vietnam.

4 . Per 1 Januari 2017, populasi Vietnam diperkirakan 95.028.882 orang.

5 . Ini adalah negara terbesar ke-66 di dunia dengan luas 331.210 kilometer persegi (127.881 mil persegi).

6 . Vietnam adalah negara yang panjang dan sempit , berbentuk seperti huruf s. Negara Ini membentang 1.600 kilometer (1.000 mil) utara ke selatan, tapi hanya sekitar 40 kilometer (25 mil) lebar pada titik tersempit di dekat Pusat negara

7 . Hanoi adalah ibu kota Vietnam dan kota terbesar kedua di negara itu menurut populasi. Hal ini dikenal dengan arsitektur berabad-abad dan budaya yang kaya dengan pengaruh Asia Tenggara, Cina dan Perancis.

8 . Vietnam adalah negara dataran rendah tropis, perbukitan, dan dataran tinggi yang berhutan lebat, dengan tingkat lahan yang luasnya tidak lebih dari 20% dari luas wilayahnya.

9 . Dua sungai di Vietnam, Sungai Mekong di selatan dan sungai Merah di utara negara itu sampai ke laut yang tersebar di dataran delta rawa yang sangat luas. Tanah di daerah ini sangat subur, ideal untuk menanam padi dan tanaman lainnya dan rumah bagi mayoritas penduduk negara ini.

10 . Titik tertinggi di Vietnam adalah Fansipan dengan ketinggian 3.143 meter (10.312 kaki) di atas permukaan laut. Ini juga merupakan titik tertinggi di Indocina (terdiri dari Vietnam, Laos, dan Kamboja).

11 . Vietnam memiliki garis pantai 3.444 kilometer (2.140 mil).

12 . Vietnam memiliki beberapa pantai terindah di dunia.

13 . Vietnam memiliki 30 taman nasional, dengan luas 10.350 kilometer persegi (3.996 mil persegi) (620 kilometer persegi) adalah daerah laut) yang meliputi sekitar 2,93% dari luas daratan.

14 . Taman Nasional Phong Nha-Kẻ Bàng adalah kawasan lindung di utara-tengah Vietnam yang berbatasan dengan Gurun Hin Namno di Laos. Ditandai dengan pegunungan, hutan tropis dan sungai bawah tanah, ini dikenal dengan karst kapur kuno dan jaringan gua yang luas. Taman tersebut dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2003.

15 . Vietnam adalah rumah bagi gua terbesar di dunia, Hang Son Doong. Gua ini terletak di Taman Nasional Phong Nha-Kẻ Bàng. Panjangnya lebih dari 200 meter (660 kaki), lebar 150 meter dan panjangnya 5 kilometer, gua Hang Son Doong di Vietnam begitu besar sehingga memiliki sungai, hutan dan iklimnya sendiri

16 . Vietnam memiliki 8 situs warisan dunia UNESCO.

17 . Teluk Halong adalah daerah dengan keindahan alam yang luar biasa, terletak di Vietnam Quang Ninh Province, dekat dengan perbatasan Cina. Terdiri dari banyak pulau batu kapur dan pulau-pulau kecil yang terbit dari laut, dalam berbagai ukuran dan bentuk dan menghadirkan alam yang indah dan belum terjamah, Teluk Halong adalah pemandangan laut yang spektakuler yang dipahat oleh alam. Situs ini diklasifikasikan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1994, dan sebagai salah satu dari 7 Keajaiban Alam Baru di tahun 2012.