10 Fakta Menarik Seputar Sepeda

10 Fakta Menarik Seputar Sepeda

10 Fakta Menarik Seputar Sepeda – Apakah kamu penggemar sepeda sejati? Apakah kamu menggunakan sepeda sebagai alat tranportasi atau olahraga? Nah, berikut ini ada sepuluh fakta menyenangkan tentang sepeda yang bisa kamu baca

1. Dimuat di koran lokal Jerman pada tahun 1817, Karl Von Drais, seorang mahasiswa matematik dan mekanik berhasil melakukan terbososan penting. Cikal bakal sepeda telah disempurnakannya hingga mempunyai mekanisme kemudi pada bagian roda depan dengan mengambil tenaga gerak dari kedua kaki. Von Drais mampu meluncur lebih cepat saat berkeliling kebun. Ia menyebut kendaraan itu dengan nama Draisienne. Dialah yang menyebabkan adanya penciptaan sepeda modern.

2. Istilah sepeda belum digunakan sampai tahun 1860. Dengan kata lain, setelah tahun itu, barulah digunakan istilah sepeda. Di Perancis, untuk menggambarkan kendaraan jenis roda dua ini digunakan istilah drive mekanis.

3. Dua bersaudara, Orville dan Wilbur Wright adalah perancang pesawat terbang. Pada tahun 1892 mereka membuka toko sepeda di Dayton, Ohio, Amerika Serikat. Tak hanya menjual, mereka juga membuat dan memperbaiki sepeda. Dari hasil toko sepeda itu, mereka mendapatkan dana untuk melanjutkan niatnya yaitu, penyelidikan sektor aeronautik (bidang yang mengkaji tentang prinsip-prinsip penerbangan).

4. Saat berusia 25 tahun, Fred A. Birchmore mengelilingi dunia dengan sepeda pada tahun 1935. Dalam perjalanannya, Birchmore melewati Eropa, Amerika, dan Asia sepanjang 25.000 mil atau 40.233,6 km dari 40.000 mil atau 64.373,46 km, sisanya ia tempuh dengan perahu. Selama perjalanan itu, ia mengganti ban sebanyak 7 kali.

5. Ada lebih dari setengah miliar sepeda di China. Sepeda pertama kali diperkenalkan di China pada akhir tahun 1800.

6. Setiap tahun ada ekitar 100 juta sepeda yang diproduksi di seluruh dunia.

7. Selama 30 tahun terakhir, sepeda sebagai jasa pengiriman telah berkembang menjadi sebuah industri penting, terutama di kota-kota, di mana kurir yang menggunakan sepeda telah mendapatkan reputasi karena kecepatannya dan tidak terkena kemacetan.

8. Di Amerika, masyarakat kota jarang menggunakan sepeda dalam perjalanannya, persentasenya kurang dari 1 persen. Lebih sering digunakan di kota-kota Eropa, di Italia sekitar 5 persen, 30 persen di Belanda, dan tujuh dari delapan orang Belanda di atas usia 15 telah memiliki sepeda.

9. Tour de France (bahasa Perancis untuk Tur di Percacis) merupakan salah satu kejuaraan balap sepeda yang paling terkenal di dunia. Tour de France diadakan setiap tahun sejak tahun 1903, namun pernah berhenti saat Perang Dunia I dan II. Lance Armstrong, seorang pengendara sepeda Amerika adalah satu-satunya pembalap yang memenangkan tujuh gelar (1999-2005) setelah selamat dari penyakit kanker.

10. Sepeda Motor Cross (BMX) adalah gaya ekstrim balap sepeda dengan menggunakan track. BMX menjadi olahraga di Olimpiade pada Mmusim panas tahun 2008 di Beijing, China. Maris Strombergs, Latvia, menerima medali emas untuk BMX Pria, dan Anne-Caroline Chausson, dari Perancis, membawa pulang emas dalam acara BMX Olimpiade perempuan pertama.

 

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *