20 Fakta Menarik Dan Unik Negara Armenia

1. Banyak penemuan arkeologis yang membuktikan bahwa Armenia adalah tempat lahirnya peradaban manusia. Diantaranya adalah situs observatorium Karahunj (Zorats Karer), artefak-artefak yang ditemukan di Areni, Lchashen, Metsmor, Gunung Artin.

2. Informasi pertama yang menyebutkan Armenia adalah dari tahun 3000 SM, yang disebut dalam teks Sumeria, yaitu pada syair epos Gilgamesh.

3. Kerajaan Armenia berdiri pada abad ke-6 SM dan berakhir sampai jatuhnya Greater Armenia pada tahun 428 M. Penemuan arkeologis paling awal menerangkan bahwa nama “Armenia” berasal dari abad ke-6 SM. Raja Urartia, yang berkuasa di wilayah tersebut dari abad ke-9 SM, sering konflik dengan bangsa lain di wilayah tersebut, khususnya dengan bangsa Asyiria dan Median, dan kemudian Parthia. Kerajaan Armenia juga ditunjuk sebagai Greater Armenia, oleh bangsa Romawi misalnya, untuk membedakannya dari wilayah berpenduduk Armenia, yang sering dikenal dengan Armenia Bawah. Dalam bahasa Armenia, mereka dikenal dengan nama “Mets Hayk” (atau Medz Hayk”, bila diucapkan dengan bahasa Armenia Barat modern) dan “Pokr Hayk”. Ada tiga dinasti yang memerintah Greater Armenia, yang masing-masing bernama sesuai dengan nama pendirinya: Yervandouni (dikenal sebagai Orontid dengan pangkat Yunani atau Romawinya); Artashisya (Artaxiad); dan Arshakouni (Arsaciad). Yang terakhir turun tahta pada tahun 428 M.

4. Simbol nasional Armenia adalah Gunung Ararat, meski gunung ini terletak di wilayah Turki.

5. Bangsa Armenia merupakan salah satu bangsa tertua di dunia. Orang Armenia menyebut dirinya dengan “Hai” dan negaranya dengan nama “Hayastan”, meski kebanayakan negara di dunia menyebutnya dengan nama negara Armenia. Nama awal Armenia adalah “Hayk”.

6. Menurut kepercayaannya, Gunung Ararat adalah tempat di mana “Bahtera Nuh” seperti dalam cerita Bibel, terdampar.

7. Lembah Ararat, yang berada di Armenia Tengah, dianggap sebagai salah satu wilayah berpenduduk tertua yang sudah dihuni sejak Zaman Batu.

8. Ibu kota Armenia, Yerevan, sudah berdiri sejak 2800 tahun yang lalu, dan merupakan salah satu kota tertua di dunia. Nama resminya adalah “Republik Armenia”. Kota ini dibangun oleh raja Argishti pada tahun 782 SM.

9. Armenia menjadi anggota lebih dari 40 organisasi internasional yang berbeda-beda, termasuk PBB, Konsili Eropa, Asian Development Bank, Commonwealth of Independent States, World Trade Organization, dan Organization of the Black Sea Economic Cooperation. Armenia juga menjadi anggota pengawas Eurasian Economic Community, La Francophonie, dan Non-Aligned Movement.

10. Yerevan mendapat julukan “Kota Pink”, karena batu-batu yang digunakan dalam bangunan lama di Yerevan berwarna pink.

11. Siapapun yang mengunjungi Yerevan bisa mengunjungi Matenadaran, yaitu museum tempat penyimpanan khusus manuskrip-manuskrip kuno dan institut penelitian ilmiah. Ada lebih dari 20.000 buku dan manuskrip tulisan tangan di Matenadaran. Namun, ini adalah bagian kecil dari manuskrip dan buku Armenian, dan ratusan ribu lainnya telah hancur karena perang.

12. Alphabet Armenia berbeda dengan alphabet di dunia. Alphabet ini ditemukan oleh Mesrop Mashots dan mempunyai 38 huruf.

13. Batu peringatan Khachkar di Monasteri Goshavank di Armenia, adalah menjadi tempat dimana undang-undang pertama Armenia pertama kali ditulis oleh Mkhitar Gosh pada akhir abad ke-12.

14. Armenia terkenal karena bebatuan dan jurangnya. Tidak herak kalau Armenia dijuluki negeri “Hayastan, Qarastan”, yang artinya “Armenia, daratan Batu”. Batu vulknais dan batu basaltnya adalah material yang bagus untuk bangunan

15. Puncak tertinggi di Armenia adalah Gunung Aragats/Arahat (4090 m) yang sudah tidak aktif lagi.

16. Salah satu danau terbesar di dunia adalah Danau Sevan, yang berada di dataran tinggi di Armenia.

17. Gua Magili Cavern di Noravank Gorge, Armenia mempunyai kedalaman 500 meter.

18. Di Armenia, permainan catur adalah pelajaran wajib di sekolah dan ada ujian khusus mata pelajaran catur.

19. Juaran catur dunia, Garry Kasparov, pemilik Chrysler, Kirk Kerkorian, patolog Jack Kevorkian, penyanyi Charles Aznavor, Cher, Kim Kardashian adalah orang Armenia.

20. Armenia merdeka pada tahun 1991 bersamaan dengan bubarnya Uni Soviet dan bergabung dengan Commonwealth of Independent States.