5 Pohon Paling Unik Di Dunia

5 Pohon Paling Unik Di Dunia
5 Pohon Paling Unik Di Dunia

Pohon merupakan tumbuhan hidup yang sangat bermanfaat bagi manusia, tetapi selain bermanfaat ternyata pohon memiliki misteri dan keindahan tersendiri, seperti ke beberapa pohon unik yang pernah ada di dunia. Manusia pernah menemukan pohon berbentuk unik dan menarik. Keunikan pohon ini membuat manusia terpesona hingga menjadikannya sebagai pusat perhatian. Pohon unik ini memiliki berbagai bentuk, ada pohon yang tumbuh besar bagaikan gedung dan ada juga pohon tumbuh dengan bentuk yang sangat unik.

Berikut adalah 5 Pohon Paling Unik Di Dunia :

1. Elia Bouybon, Pohon Zaitun dari Vouves

Pohon Zaitun dari Vouves
Pohon Zaitun dari Vouves

Pohon dengan bentuk yang sangat unik ini merupakan pohon zaitun tertua di dunia. Usianya diperkirakan sudah mencapai 3.500 hingga 4.000 tahun. Pohon ini terletak di sebuah desa di Ano Vouves, Kreta, Yunani, yang katanya sampai saat ini masih mengeluarkan minyak zaitun.

2. Pohon Darah Naga

Pohon Darah Naga
Pohon Darah Naga

Pohon yang sangat cantik dan indah ini adalah pohon naga yang berbentuk seperti payung. Pohon ini mengandung getah didalam batangnya yang dipercaya sebagai salah satu bahan kosmetik dan zat pewarna lukisan.

Pohon ini termasuk jenis yang langka. Dikenal juga bernama latin Dracaena Cinnabari, pohon ini tumbuh di Yaman.Unesco mengklaim di area pepohonan ini ada 37 persen pesies tanaman, 90 persen spesies reptil dan 95 persen siput yang tidak muncul di belahan dunia mana pun.

3. Pohon Tule

Pohon Tule
Pohon Tule

Pohon tule ini merupakan pohon terbesar di dunia. Bentuknya sangat lebar dan tinggi menjulang. Diperkirakan tinggi pohon Tule ini mencapai 300 meter dan satu cabang pohon bisa menjadi pohon sendiri. Para peneliti menduga pohon ini merupakan gabungan dari banyak pohon, tapi nyatanya pohon ini sama dan tidak berbeda.

4. Pohon Oak Malaikat

Pohon Oak Malaikat
Pohon Oak Malaikat

Pohon yang tumbuh di Johns Island, South Carolina, Amerika Serikat ini merupakan pohon ajaib karena tumbuhnya melebar bagaikan malaikat. Daun dan batangnya melebar ke sampaing sehingga membuat pohon ini menjadi unik. Pohon ini memiliki tinggi sekitar 84 meter, dan tinggi rantingnya mencapai 300 meter.

Pohon ajaib ini diperkirakan sebagai organisme tertua yang hidup di sungai Missisissippi. Pohon tersebut berhasil selamat dari sejumlah bencana alam yang menghantam kawasan itu. Di antaraya gempa bumi tahun 1886, banjir dan topan pada tahun 1989.

5. Pohon dari Ta Phrom

Pohon dari Ta Phrom
Pohon dari Ta Phrom

Pohon unik terakhir adalah pohon dari Ta Phrom. Keunikannya adalah tumbuh diatas kuil Ta Prohm, Kamboja. Pohon ini juga terdiri dari dua spesies yang berbeda. Pohon yang besar diduga Tetrameles Nudiflora, sedangkan pohon yang lebih kecil diduga Strangler Fig.

Baca Juga :