6 Fakta Menarik dan Unik tentang Tubuh manusia yang tidak bisa di jelaskan secra ilmiah

Tak bisa dipungkiri, ilmu pengetahuan mengajarkan kita banyak hal. Para ahli dan peneliti sudah banyak melakukan studi atas nama ilmu pengetahuan. Sayangnya, masih ada banyak hal di dunia ini yang tidak bisa dijelaskan secara logis dan tidak bisa dijabarkan oleh sains. Berikut adalah fakta tentang tubuh yang masih menjadi misteri, namun nyata adanya.

  1. Tidur
    tidurTidur adalah hal yang sangat aneh dan sulit dijelaskan mengenai hal-hal yang terjadi ketika kita tidur.Tidur membuat manusia lebih berenergi ketika bangun aadalah hal aneh, walapun untuk itulah fungsinya tidur.Sebenernya tubuh manusia mendapatkan energi dari makanan, sedangkan tidur hanya menghasilkan energi sangat sedikit, yaitu 50kkal, dan itu jauh melampaui energi yang kita habiskan untuk terjaga. jadi tidur bukanlah bertujuan untuk mengumpulkan energi. Ada juga yang bilang bahwa tidur bisa menjaga fungsi otak, memberi istiraha sehingga tidak terus-terusan dibajiri oleh informasi dari sensor tubuh manusia. Ketika kita tidak tidur fungsi otak akan menurun. 17 jam tanpa tidur akan  membawa fungsi otak kita menurun ke level yang sma dengan ketika kita minum alkohol sampai batas yang ditentukan.
  2.  Kidal
    kidalPopulasi menusia yang kidal hanya sekitar 10%, dan tidak ada yang pernaha tahu sebabnya. Fakta ioni membingungkan para ilmuwan, karena mahluk mamalia yang lain tidak bergantung pada sisi tubuh sebelah kiri (kecuali pada beruang kutub dan beberap kera). Apabila dihubungkan dengan otak , nyatanyab tidak juga demikian. Orang yang kidal memiliki kapasitas sama dengan orang yang normal. Terlepas dari norma-norma yang di masyarakat menyatakan tangan kiri adalah tangan yang buruk, Fkatanya masih terdapat orang-orang yang menggunakan tangan kiri sebagai tangan dominan mereka.
  3. Bersin Matahari
    bersin
    Bersin matahari, atau refleks bersin sinar, adalah fenomena yang menyebabkan orang bersin ketika mereka memandang sinar yang terang. Inilah makanya orang-orang yang tadinya ingin bersin, tetapi tidak jadi, disarankan untuk melihat lampu terang untuk mengeluarkan bersin yang tertahan tadi.
  4. Hypnic Jerk
    hypnijerk
    Ini adalah keadaan di mana ketika Anda sudah berada di ambang tidur, tiba-tiba Anda merasa seperti terjatuh, tersandung, atau terdorong dari tempat tinggi. Dan tubuh Anda bereaksi sama seperti ketika Anda benar-benar terjatuh, sehingga yang tadinya sudah nyaris tidur, jadi terlompat bangun lagi. Ada beberapa teori yang berusaha menjelaskan fenomena ini, dari mulai nenek moyang kita yang dulu biasa tidur di atas pohon dan hypnic jerk adalah reaksi alamiah yang kita dapatkan dari nenek moyang supaya tidak jatuh dari pohon ketika tidur, sampai otak yang masih terjaga ketika tubuh sudah tidur, sehingga otak “panik” karena badan menjadi “lumpuh” tidak bisa bergerak .
  5. Sidik Jari
    sidik jari
    Setiap orang memiliki sidik jari yang berbeda-beda, membuatnya menjadi identitas bagi setiap individu. Normalnya, setiap garis, kerut, dan liku dari tubuh kita merupakan hasil dari gerakan melipat, meluruskan, dan mengerut yang berulang-ulang. Sidik jari ada di jari tanpa sebab.
  6. Tertawa
    tertawa
    Meskipun ini hal yang sering kita lakukan tiap hari, tetapi para ahli masih tidak bisa sepenuhnya yakin mengapa manusia tertawa dan mengapa manusia hanya satu-satunya spesies yang mampu melakukan itu. Tertawa tidak selalu berhubungan dengan humor. Orang yang tertawa hanya demi sopan santun menanggapi lelucon orang lain adalah buktinya.