Fakta Menarik Tentang Tulang

Fakta Menarik Tentang Tulang
Fakta Menarik Tentang Tulang

Fakta Menarik Tentang Tulang,  dimana Tulang dapat memperbaiki diri sendiri, tumbuh hingga Anda berusia 30 tahun dan terdiri dari kristal mineral.  berikut dibawah ini fakta menarik kesehatan tulang yang perlu anda ketahui

1. Fakta menarik tulung tubuh dan massa tulang mencapai massa puncaknya pada sekitar usia 30 tahun, yaitu ketika proses penghancuran tulang (yang dilakukan oleh sel osteoclas) mulai terjadi lebih cepat dari proses pembentukan tulang (yang dilakukan oleh sel osteoblas).

2. Anda bisa jadi memiliki tulang rusuk tambahan! Sebagian besar orang memiliki 24 buah tulang rusuk, yang terdiri dari 12 pasang tulang rusuk. Namun, beberapa orang dewasa memiliki 25 buah tulang rusuk, yang terletak di dasar leher yang disebut tulang rusuk servikal/leher. Jangan mulai merasakan leher Anda, jika Anda memiliki tulang rusuk tambahan ini, Anda mungkin akan mengetahuinya, karena ini dapat menyebabkan masalah kesehatan.

3. Anda pikir Anda kuat? Anda dapat mengangkat 8-10 kali berat badan Anda? Permainan sepak bola bisa mempersatukan teman dan keluarga bersama-sama. Apakah Anda berada di stadion atau menontonnya  di layar TV Anda, Anda benar-benar santai – tapi tidak bagi para pemain bola di lapangan karena  sebenarnya tulang-tulang mereka sedang bekerja keras!

4. Setelah bertahun-tahun, tulang kita menjadi lebih tipis dan rapuh. Hal ini berarti terjadi pengurangan kepadatan dan massa tulang secara bertahap. Jika tidak diketahui, kondisi ini dapat mengakibatkan osteoporosis.

5. Bayi memiliki lebih banyak tulang daripada orang dewasa, lho! Bayi memiliki 300 buah tulang (campuran tulang dan tulang rawan.) Seiring dengan bertambahnya usia, tulang rawan mulai berubah menjadi tulang – ini dikenal dengan proses Osifikasi atau proses Penulangan. Selama proses ini, beberapa tulang yang terpisah melebur menjadi satu dan membentuk tulang yang lebih besar.

6. Tulang rusuk dapat menekan saraf dan pembuluh darah dan akan menyebabkan rasa sakit, termasuk nyeri sendi di leher dan daerah bahu. Kondisi ini disebut Thoracic Outlet Syndrome.

7.Setelah ini terjadi, mereka akan memiliki 206 buah tulang.

8. Pengobatan: Ada 2 metode utama – yakni operasi untuk menghentikan tulang rusukmendorong pada pembuluh darah atau dengan minum obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAIDS). Anda juga harus mengikuti sebuah program terapi fisik.

9. Tulang Anda membentuk kerangka tubuh dan tanpa itu, tidak ada bagian lain yang akan bisa berfungsi. Jadi, jaga baik-baik tulang Anda dan niscaya, Andapun akan dapat hidup bahagia dan sehat seumur hidup Anda.

10. Anda mendapatkan kerangka baru setiap 7 tahun. Meski terdengar mustahil, itu benar adanya dan benar-benar masuk akal bila Anda memikirkan kebenarannya. Meskipun tulang Anda kuat, tulang tersebut terus-menerus akan menjadi lelah dengan aktivitas sehari-hari dan akhirnya perlu diganti (seperti ban pada mobil Anda!) Dalam kasus ini, semua tulang Anda sepenuhnya menggantidiri setiap 7 tahun sekali.

Baca Juga :