Fakta Unik dan Menarik Seputar Negara Jepang

 

Fakta Unik dan Menarik Seputar Negara Jepang Tidak hanya di industri perfilmannya, budaya dan kebiasaan orang-orang Jepang yang disiplin sangat menarik untuk diulas. Kira-kira apa lagi ya yang menarik dari negeri sakura? Penasaran? Nih, temukan jawabannya di bawah, fakta-fakta menarik dari negeri sakura.

1. Ada jalur cepat di eskalator
Ada jalur cepat di eskalator

Kebiasaan menarik orang jepang saat menaiki eskalator adalah mereka akan rapi berbaris di sebelah kiri dan menyisakan ruang di sebelah kanan sebagai jalur cepat. Jadi, bagi mereka yang sedang dikejar waktu alias buru-buru, bisa melewati jalur cepat di sebelah kanan. Padahal, mereka bisa ambil kesempatan dengan pura-pura buru-buru dan mengambil jalur cepat. Tapi, nyatanya mereka tidak seperti itu dan tetap disiplin pada aturan.

2. Sewa tamu undangan pernikahan
Sewa tamu undangan pernikahan

Di Jepang, jika kamu sedang melangsungkan resepsi pernikahan dan tamu undangan yang datang sedikit, kamu bisa memanfaatkan jasa penyewaan tamu undangan pernikahan. Jadi, tidak perlu khawatir acara pernikahan akan sepi, jasa penyewaan tersebut akan membawa tamu undangan untuk meramaikan acara kamu.

3. Shinkansen, kereta super cepat dan tepat waktu
Shinkansen, kereta super cepat dan tepat waktu

 

Transportasi umum yang paling sering dipakai di Jepang adalah kereta api. Kereta peluru atau biasa disebut dengan Shinkansen ini merupakan kereta yang memiliki kecepatan yang luar biasa, yaitu 603 km per jam! Selain cepat, kereta ini juga tepat waktu. Keterlambatan kedatangan kereta hanya dalam hitungan detik saja. Luar biasa kan?

4. Para pegawai diwajibkan tidur siang
Para pegawai diwajibkan tidur siang

Kalau di Indonesia, lihat karyawan tidur siang di kantor mungkin akan dimarahi atau setidaknya ditegur kan? Tapi, di Jepang justru para bos mewajibkan pegawainya untuk tidur siang. Hal tersebut menunjukkan bahwa para bos menghargai kerja keras mereka. Duh, enak ya bisa tidur siang di kantor.

5. Budaya antri
Budaya antri

Kalau kamu pergi ke Jepang, kamu tidak akan menemukan orang saling rebut untuk mendapatkan pelayanan. Di sana, di semua tempat pelayanan umum, orang-orang akan mengantri dengan rapi. Mereka dapat mengatur antrian sendiri dengan tertib tanpa ada garis pengatur. Bagi mereka, melanggar antrian adalah hal memalukan.

6. Tidak punya anak untuk mewarisi bisnis keluarga? Adopsi orang dewasa!
Tidak punya anak untuk mewarisi bisnis keluarga? Adopsi orang dewasa!

Yang menarik lagi dari Jepang, jika ada keluarga yang tidak memiliki keturunan alias anak, mereka akan mengadopsi orang dewasa. Loh, untuk apa? Untuk menjadi pewaris bisnis keluarga mereka. Duh, enak banget ya orang dewasa yang diasopsi. Baru kenal udah jadi ahli waris.

 

Baca juga :