Fakta Unik Panca Indera Manusia

Fakta Unik Panca Indera Manusia Manusia di memperoleh anugrah yang sangat besar dengan diciptakannya indera yang sempurna, sehingga kita dapat berinteraksi dengan sekitar sebagai sarana demi melanjutkan kelangsungan hidup. Mulai dari indra penglihatan, indera pendengaran, indera penciuman, dan indera peraba serta pengecap.

Tapi tahukah kita, bahwa dari semua indera yang ada pada manusia menurut para ahli dapat diasah serta dipertajam agar organ-organ tubuh dapat berfungsi lebih baik lagi.

Berikut fakta unik menpertajam dan mengasah indera manusia.

  1. Indera Penciuman
    Organ tubuh yang berfungsi sebagai indera penciuman adalah hidung, faktor yang dapat mempengaruhi tajamnya indera penciuman kita adalah dengan melatihnya seperti menciumhal-hal yang ada disekitar kita, membandingkan antara yangharus dan bau, lakukan dari yang sederhana seperti aroma masakan, pakaian, buah, garam, serta bumbu-bumbu, seperti mencium bawang, buah-buahan, wangi atau aroma yang paling kita kenal dahulu.
    Lakukan hal tersebut dengan menutup mata, serta lakukan dengan sesering mungkin agar dapat mempertajam indera penciuman. Bagi yang menggermari film, anda bisa menonton sebuah film dengan judul “Perfume: The Story of a Murdeer“, dan anda dapat menyaksikan bagaimana indera penciuman itu adalah suatu kemampuan yang luar biasa.
  2. Indera Penglihatan
    Organ tubuh yang berfungsi sebagai indera penglihatan adalah mata, tugasnya organ tubuh ini adalah untuk melihat. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mempertajam indera pengllihatan adalah seperti memperhatikan hal-hal tersebut yang jauh dari perhatian orang lain, seperti gerakan wajah, benda kecil, warna dari suatu benda yang kecil, warna sepatu, gerakan jari, kedipan mata, jarum jam, dan lain sebagainya.
    Atau bisa kita lakukan dengan menonton televisi atau film dengan mematukan suaranya, jadi hanya dengan memperhatikan gerakan mulut. Mata kita mampu melihat objek dengan skala yang luas, namun untuk melatih indera  penglihatan ini kita cukup hanya memperhatikan objek-objek kecil yang jauh dari perhatian orang.
  3. Indera pendengaran
    Organ tubuh yang berfungsi sebagai indera pendengaran adalah telinga. Untuk mempertajamnya lakukan hal-hal seperti mendengar musik dengan menggunakan earphone atau headset dan perhatikan setiap detail suara yang keluar dari sekitar kita. Dengan menutup mata perhatikan suara itu satu persatu dan jarak seberapa jauh atau dekat suara itu dengan kita, panning atau secara sederhana dapat dikatakan dengan melatih suara yang anda dengar dengan membaginya antara yang kanan dan kiri, lakukan dengan telinga anda yang kanan dan kiri dengan menutup telinga secara bergantian.
  4. Indera Peraba
    Indera peraba ini biasanya sangat berkaitan dengan apa yang kita sentuh, bagi anda yang ingin mempertajam indera peraba ini lakukan kebiasaan seperti menutup mata anda saat memegang atau menyentuh sesuatu dan rasakan bentuk serta tekstur pada benda yang anda sentuh tersebut seperti halus, kasar, bulat, lonjong, serta bentuk bidang pada bendanya. Anda juga dapat melatihnya dengan memegang benda yang memiliki perbedaan pada suhunya, seperti memegang sebuah benda yang bersuhu panas serta dingin secara bersamaan, perhatikan bagaimana perbedaan kadar antara panas dan dinginnya benda tersebut.
  5. Indera Pengecap
    Makanan dan minuman biasanya adalah media yang sangat baik untuk melatih indera yang satu ini, seperti rasa manis, pedas, asam, asin, serta pahit. Lakukan hal ini dengan menutup mata dengan menaruh minuman atau  makanan di depan anda secara acak. Indera pengecap ini biasanya akan sangat mudah jika anda memulainya dengan jenis rasa yang sudah anda kenal sebelumnya, jangan lakukan hal ini secara bersamaan, seperti mengecap asam dengan manis secara sekaligus, lakukan dengan mencicipi rasa satu persatu, ingat secara acak serta mata tertutup.

Demikian fakta unik mengenai mempertajam indera yang ada pada tubuh manusia, lakukan hal ini untuk hal yang positif, semoga bermanfaat.

 

Baca juga :

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *