Fakta Unik Tentang Indonesia Yang Mendunia

Fakta Unik Tentang Indonesia Yang Mendunia Indonesia adalah negara besar yang terdiri atas 17.508 pulau, yang memancarkan pesona alam, budaya dan berbagai daya tarik lainnya yang sangat mengagumkan. Bukan hanya anak negeri saja yang yang mengetahui itu, tetapi juga diakui oleh dunia internasional. Diantara puluhan ribu pulaunya, Indonesia memiliki keunikan masayarakat serta keindahan alam yang tiada duanya. Menihat nama indonesia yang begitu mendunia, pasti ada fakta-fakta unik yanga da dibelakangnya. Beberapa diantaranya adalah :

1. Pabrik Semen Tertua di Dunia
Fakta Unik Tentang Indonesia Yang Mendunia
Indonesia ternyata memiliki pabrik semen tertua di dunia, yaitu PT. Semen Padang yang berdiri pada tanggal 18 Maret 1910 di Padang, Sumatera Barat. Ketika jaman penjajahan jepang 1942-1945 pabrik ini dikuasai, namun pada kemerdekaan 1945, akhirnya pabrik ini diambil alih oleh karyawannya dan selanjutnya diserahkan kepada pemerintah Indonesia.

2. Permainan Congklak.
Fakta Unik Tentang Indonesia Yang Mendunia
Congklak adalah permainan tradisional di Indonesia. Dimainkan dengan cara memainkan 98 biji-bijian atau cangkang kerang kedalam papan yang memiliki 16 lubang. Tahukah anda, ini adalah salah satu permainan tertua di dunia. Sejarahnya bisa ditelusuri hingga masa Mesir Kuno, ketika Negeri Para Firaun berada dalam kekuasaan Romawi pada abad ke-4 Masehi.

Permainan tersebut diyakini menyebar ke Asia Tenggara pada Abad ke-15, melalui para pedagang India atau Arab.Di Jawa, nama ‘Congklak’ merujuk pada batu dakon berlubang dari Zaman Perunggu Purba yang biasanya memiliki 4 atau 5 lubang.

Namun, batuan prasejarah itu tak ada kaitannya dengan permainan tersebut. Batuan dakon lebih mungkin digunakan dalam upacara penghormatan nenek moyang.

3. Rendang Makan Terenak di Dunia.
Fakta Unik Tentang Indonesia Yang Mendunia

Semua kita tentunya mengenal makanan khas indonesia yang satu ini. Rendang adalah makanan asli masyarakat Padang, Sumatera Barat, yang populer di hampir seluruh pelosok tanah air. Rendang sendiri masuk dalam urutan ke-11 dari 50 daftar masakan terenak di dunia yang dipublikasikan oleh stasiun berita CNN. Rendang menjadi satu-satunya makanan asal Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut, mengalakan kelezatan kebab dari Turki, lasagna dari Italia, dan fajitas dari Mexico.

4. Spesies Ikan Hiu Terbanyak di Dunia.
Fakta Unik Tentang Indonesia Yang Mendunia
Indonesia memiliki spesies ikan hiu sebanyak 150 jenis, merupakan yang terbanyak di dunia. Sebagai negara maritim, Indonesia telah memperoleh pengakuan dari dunia Internasional yakni memiliki luas laut 75% dari luas daratan. DIkatakan demikian sebab Indonesia merupakan lintasan jalur pelayaran penghubung Samudera Pasifik dan Samudera Hindia, dan benua Asia dan benua Australia. Maka tidak heran jika Indonesia memiliki 150 jenis spesies hiu.

5. Hewan Purba Komodo
Fakta Unik Tentang Indonesia Yang Mendunia

Hewan purba yang masih bertahan hidup hingga saat ini ternyata hanya ada di Indonesia, komodo namanya. Bahkan, di Indonesia ada satu pulau yang namanya sama seperti hewan prasejarah ini. Komodo merupakan kadal terbesar yang ada di dunia dan salah satu hewan tertua.

 

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *